| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Meditasi Antonio Kardinal Bacci tentang saat akhir hidup

Pemberian Ekaristi kepada orang yang sekarat (lukisan oleh seniman abad ke-19 Alexey Venetsianov) - Public Domain

 

 Kasih tak terbatas dari Hati Kudus Yesus menyertai kita sepanjang hidup. Tuhan kita sangat mengasihi kita sehingga Dia memberikan hidup-Nya untuk kita; tidak mungkin ada kasih yang lebih besar dari ini. “Tidak ada kasih yang lebih besar dari pada kasih seorang yang memberikan nyawanya untuk sahabat-sahabatnya.“ (Yohanes 15, 13) Hati Yesus terus berdetak untuk kita dan pandangan-Nya mengikuti kita kemana-mana, terutama saat kita dalam bahaya atau pencobaan.

Karena Yesus sangat mengasihi kita sehingga Dia mati untuk kita, sungguh luar biasa bahwa Dia akan meninggalkan kita. Meskipun Dia sekarang bahagia dan melampaui penderitaan di Surga, Dia tetap sangat mengasihi kita. Tetapi jika Hati Kudus memeluk kita sekarang dalam dekapan cinta yang erat, Dia pasti akan melindungi kita dengan cara yang sangat istimewa pada saat kematian, saat itu bergantung pada keabadian kegembiraan atau penderitaan.



Mari kita renungkan apa yang terjadi ketika Yesus tergantung di kayu Salib. Dia memberi kita semua cinta-Nya dan semua Darah-Nya yang Berharga, dan dengan nafas terakhir-Nya Dia memberi kita harta terakhir yang Dia miliki, Bunda-Nya yang Terberkati. Meskipun Dia Mahakuasa, Dia tidak dapat memberi kita apa-apa lagi. Dia telah menghabiskan kasih-Nya yang tak terbatas, memberi kita hanya semua yang Dia miliki, tetapi juga memberi diri-Nya sendiri kepada kita.

Salah satu pencuri yang disalibkan bersama-Nya menoleh ke arah-Nya dengan tatapan pertobatan dan permohonan. Hati-Nya dipenuhi dengan cinta dan belas kasihan dan Dia berkata kepada pencuri yang bertobat itu: “Hari ini engkau akan bersama-Ku di surga.” (Lukas 23, 43) Ini adalah kata-kata yang menghibur. Suatu hari nanti kita juga akan menderita dan akan berpaling kepada Yesus di saat-saat terakhir kita. Kemudian Yesus dalam Ekaristi Mahakudus akan datang kepada kita untuk terakhir kalinya. Marilah kita berdoa dengan sungguh-sungguh agar Viaticum dapat memberi kita penghiburan yang sama seperti yang diberikan oleh kata-kata Yesus kepada pencuri yang baik: “Hari ini engkau akan bersama-Ku di surga!”

Kita secara khusus harus memohon kepada Hati Kudus Yesus rahmat untuk mati dengan kematian yang baik, yang dikuatkan oleh Viaticum Suci. Mari kita bayangkan diri kita di jam terakhir ini. Dunia memudar dan tidak ada yang tersisa dari kehormatan, kesuksesan, dan kesenangan dari kehidupan masa lalu kita. Hanya ada dua hal yang tersisa – di satu sisi, pahala yang telah kita peroleh melalui doa, penebusan dosa, dan perbuatan baik kita; di sisi lain, jumlah total dosa dan rasa tidak berterima kasih kita kepada Tuhan. Semoga Yesus datang pada saat ini ke dalam hati kita yang malang, gemetar karena dosa-dosa kita dan kekurangan kebajikan. Semoga Viaticum Suci datang menguatkan kita. Semoga Hosti putih membawa serta pengampunan, harapan, dan api cinta yang memurnikan.

Kemudian kasih tak terbatas dari Hati Yesus akan bercampur dengan kasih terbatas yang lemah dari hati kita. Itu akan membawa kita ke dalam keadaan kebahagiaan abadi, di mana mencintai berarti memiliki sukacita Tuhan yang tak terbatas.

Dari kematian yang tiba-tiba dan tidak terduga, ya Tuhan, bebaskan kami. Yesus, Maria dan Yusuf, aku memberikan hatiku dan jiwaku. Yesus, Maria dan Yusuf, tolonglah aku sekarang dan dalam penderitaan terakhirku. Yesus, Maria dan Yusuf, semoga aku menghembuskan jiwaku dalam damai bersama-Mu. Amin— 

Antonio Bacci  (4 September 1885 – 20 Januari 1971) adalah seorang kardinal Gereja Katolik Roma asal Italia. Ia diangkat menjadi kardinal oleh Paus Yohanes XXIII.


terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy