| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Meditasi Antonio Kardinal Bacci: Melakukan Kehendak Tuhan

 

Edouard Cibot (1799-1877) : Le Confessionnal.

Dalam kehidupan spiritual, sebagaimana dalam tatanan fisik, kematian adalah awal dari kehidupan. “Sesungguhnya jikalau biji gandum tidak jatuh ke dalam tanah dan mati, ia tetap satu biji saja; tetapi jika ia mati, ia akan menghasilkan banyak buah. Barangsiapa mencintai nyawanya, ia akan kehilangan nyawanya, tetapi barangsiapa tidak mencintai nyawanya di dunia ini, ia akan memeliharanya untuk hidup yang kekal.” (Yohanes 12: 24-25)

Perikop Injil ini melambangkan ajaran mortifikasi Kristen (mematikan keinginan daging) - perlu mati bagi diri kita sendiri untuk hidup di dalam Tuhan. Siapapun yang penuh dengan dirinya sendiri dan hal-hal duniawi tidak memiliki ruang di hatinya untuk Tuhan. Tidaklah mungkin, seperti yang ditunjukkan oleh St Alfonsus, untuk mengisi bejana dengan tanah dan kemudian mengisinya dengan air. Tidak ada ruang tersisa untuk air, dan jika sedikit masuk ke dalam bejana, itu bukan lagi air murni, tetapi keruh.

Kita harus mengosongkan diri kita sendiri dan hal-hal duniawi untuk memenuhi diri kita dengan Tuhan. Yesus memberi tahu kita hal ini dengan sangat jelas. "Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya dan mengikut Aku." (Mat 16:24)

Jika seseorang menyangkal dirinya untuk melakukan kehendak Tuhan dalam segala hal, dia telah mencapai kematian batin yang nyata. Selain itu, dia memiliki kedamaian yang sempurna, yang terdiri dari ditegakkan dalam kasih Tuhan.


Ini tidak berarti bahwa semua cinta diri itu salah. Sebenarnya, ada dua jenis cinta diri. Kita dapat mencintai kebaikan sejati kita sendiri, yaitu Tuhan, dan karena itu berkeinginan untuk hidup selaras dengan kebaikan tertinggi ini dalam hidup ini untuk menikmatinya sebagai pahala abadi kita. Cinta diri semacam ini didasarkan pada cinta Tuhan, yang merupakan alasan utama mengapa kita mencintai diri kita sendiri. Tetapi jika kita lebih memilih kesenangan dan kepuasan kita sendiri daripada Tuhan, maka cinta diri kita tidak proporsional dan salah dan membawa kita ke dalam dosa.

Oleh karena itu, hal pertama yang harus kita lakukan adalah mematikan cinta diri kita yang berlebihan. Dengan kata lain, kita harus menyangkal diri kita sendiri dalam hal-hal di mana cinta-diri menjauhkan kita dari Tuhan, yang seharusnya kita cintai lebih dari apa pun dalam hidup.

Dalam proses mematikan cinta diri, kita juga mematikan nafsu kita yang lain, karena itu adalah asal dari semuanya. Akan tetapi, perlu diingat bahwa tidak peduli seberapa besar kita mengekang nafsu kita, nafsu itu tidak pernah mati. Kita harus selalu waspada karena takut mereka akan menegaskan kembali diri mereka terlalu kuat.

Penting bagi kita untuk meningkatkan cinta kita kepada Tuhan karena, seperti yang ditunjukkan St Agustinus, cinta kasih ilahilah yang mengalahkan nafsu kita. Doa terus-menerus dan persatuan dengan Tuhan juga membantu kita mencapai kematian batin. Doa tanpa matiraga adalah ilusi yang tidak bertahan lama, sehingga perlu menggabungkan doa yang sungguh-sungguh dengan penyangkalan diri.

Kita mungkin tidak mampu melakukan matiraga luar biasa yang dilakukan para Orang Kudus, karena kesehatan kita atau kewajiban negara kita dalam hidup mungkin membuat hal ini tidak mungkin bagi kita. Tetapi jika kita sering menyangkal diri kita dalam hal-hal kecil, ini akan menjadi begitu banyak langkah dalam tangga yang akan membantu kita mencapai kesempurnaan Kristiani.

Prinsip:

Jika Anda ingin mencintai Tuhan dan menjadi suci, matiraga akan menjadi sumber kegembiraan.

Tahan kecenderungan jahat Anda sekaligus sehingga mereka tidak bisa tumbuh dalam kekuatan. Mudah menerima dari Tuhan setiap kesulitan yang Anda temui. Serahkan diri Anda sepenuhnya pada kehendak-Nya.—

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy