| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Meditasi Antonio Kardinal Bacci: St. Aloysius Gonzaga


 St Aloysius Gonzaga, yang pestanya jatuh pada tanggal 21 Juni, adalah salah satu model kemurnian suci yang luar biasa bagi tua dan muda. Kita diberitahu bahwa ketika dia berusia sembilan tahun dan berada di kota Florence, dia pergi ke Gereja Annunziata untuk berdoa di depan lukisan Bunda Maria. Saat itulah dia mengalami keinginan yang kuat untuk mempersembahkan dirinya kepada Tuhan. Dia adalah putra tertua Pangeran Ferdinand Gonzaga dan, karenanya, pewaris gelar ayahnya. Tetapi sejak saat itu dia bertekad untuk menghabiskan hidupnya dalam pelayanan kepada Tuhan. Dia membuat kaul kesucian abadi dan menempatkan dirinya di bawah perlindungan Perawan Terberkati.

Sekarang hidupnya menjadi pendakian terus menerus menuju kesempurnaan. Kesuciannya, yang telah dia persembahkan kepada Bunda Maria, tetap tak bernoda sampai kematiannya. Roh jahat tidak bisa membuat kemajuan melawan kebajikan malaikatnya. Ini adalah rahmat yang dia dapatkan sebagai hasil dari doa dan penebusan dosanya. Dia sering menghabiskan tiga atau empat jam berlutut dalam doa dan kontemplasi. Bahkan di malam hari dia bangun dari tempat tidurnya untuk berdoa. Pikiran dan hatinya berada di Surga daripada di bumi. Doanya adalah percakapan intim dengan Yesus, Maria, dan para orang kudus. Meskipun dia tidak bersalah, dia mempraktikkan matiraga yang parah. Meyakini dirinya sendiri sebagai seorang pendosa besar, dia menyiksa tubuhnya sampai darahnya mengalir bebas, dan tidak makan dan tidur.


Apakah kita ingin menjaga kesucian kita dan menjadi orang kudus? Jika demikian, marilah kita ingat bahwa tanpa doa dan matiraga hal ini tidak mungkin. Yesus berkata kepada murid-murid-Nya "bahwa mereka harus selalu berdoa dan tidak putus asa." (Lukas 18:1) “Berdoalah,” Dia berkata lagi, “agar kamu tidak masuk ke dalam pencobaan,” (Lukas 22:40) dan selanjutnya: “Jika kamu tidak bertobat, kamu semua akan binasa.” (Lukas 13:5)

Bisa dikatakan bahwa seluruh hidup St. Aloysius Gonzaga adalah keajaiban kemurnian dan penebusan dosa yang heroik. Sumber kesuciannya adalah cinta yang membara dari Tuhan yang dia hargai sejak masa kanak-kanaknya. Dia mencintai Tuhan di atas segalanya dan dengan segenap kekuatannya. Oleh karena itu, berjam-jam berdoa merupakan kesenangan baginya; pelayanan Tuhan dalam Serikat Yesus adalah keinginan utamanya; dan matiraga adalah persembahan kasih yang Ia buat sebagai penebusan dosa-dosa manusia.

Hati St Aloysius, bagaimanapun, tidak tertutup bagi manusia karena cintanya yang tertinggi kepada Tuhan. Kasihnya kepada Tuhan meluap menjadi kasih yang sangat besar kepada sesamanya. Dia akhirnya menjadi korban dari amal kepahlawanannya sendiri. Ketika dia baru berusia dua puluh empat tahun, dia mengabdikan dirinya dengan sangat sungguh-sungguh untuk merawat mereka yang telah terserang wabah sehingga dia tertular infeksi dan meninggal dengan damai. Di saat-saat terakhirnya dia tersenyum dan mengumumkan bahwa dia senang akan meninggalkan dunia ini.

Apakah kita ingin mendapatkan kematian yang damai dan suci seperti ini? Marilah kita meneladani St. Aloysius dengan menjalani kehidupan yang murni untuk selanjutnya, meskipun kita tidak selalu setia seperti dia dalam hal ini. Marilah kita juga meneladani kasihnya kepada Allah dan sesamanya, semangat silih, dan semangatnya dalam berdoa.

St Aloysius, berilah bagiku dari Tuhan, melalui perantaraan Santa Perawan, kemurnian hidup, semangat penebusan dosa dan doa, dan cinta yang besar kepada Tuhan dan sesamaku.—

 

 Antonio Bacci  (4 September 1885 – 20 Januari 1971) adalah seorang kardinal Gereja Katolik Roma asal Italia. Ia diangkat menjadi kardinal oleh Paus Yohanes XXIII.

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy