| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Orang Kudus hari ini: 02 Juni 2023 St. Marsellinus dan St. Petrus, Martir

 
Agridecumantes | CC BY-SA 3.0, melalui Wikimedia Commons


Saudara-saudari terkasih, hari ini Gereja memperingati dua orang kudus yang hidup, tindakan dan dedikasinya kepada Tuhan semoga dapat menginspirasi kita masing-masing untuk setia kepada Tuhan dengan cara yang sama juga. St Marsellinus dan St Petrus adalah orang Katolik yang setia yang dianiaya karena iman mereka, dan mereka, menurut tradisi Katolik, baik imam atau pelayan iman, dengan St Marsellinus konon menjadi seorang imam dan St Petrus adalah seorang pengusir setan, yang ditangkap dan disiksa dalam salah satu episode penganiayaan Kristen yang paling brutal di bawah Kaisar Romawi Diokletianus. Menurut tradisi yang sama, kedua orang suci itu dengan senang hati menghadapi kemartiran dan menyiapkan tempat di mana mereka kemudian dipenggal dan dikuburkan, di tempat yang sengaja disembunyikan sehingga mereka tidak dapat dihormati oleh orang lain di kemudian hari.
 
Selama perayaan Misa, imam memiliki pilihan untuk memilih Doa Syukur Agung I (juga dikenal sebagai “Kanon Romawi”). Selama doa ini, imam memiliki pilihan untuk mengucapkan dua daftar pendek orang-orang kudus. Di antara para martir yang disebutkan dalam Doa Syukur Agung I ini ada St. Marsellinus dan Petrus, dua orang suci yang relatif tidak dikenal di dunia modern. Paus Vigilius memasukkan nama mereka ke dalam Kanon Misa pada abad ke-6, pada saat yang sama ia memulihkan makam mereka. Sementara sedikit yang diketahui tentang para martir awal ini, jelas bahwa makam mereka adalah titik fokus bagi umat Kristiani di Roma dan membantu melestarikan iman selama salah satu masa tersulit dalam sejarah Gereja.

Menurut tradisi Gereja, Tuhan mengilhami dua wanita, bernama Lucilla dan Firmina untuk menemukan kemartiran dan tempat pemakaman dua martir besar, dan mereka dikuburkan dengan benar, menjadi inspirasi besar bagi banyak orang Kristen lainnya di masa selanjutnya, sampai sekarang ke zaman kita. Kisah tentang iman mereka yang berani dan tak tergoyahkan di tengah pencobaan, kesulitan, dan tantangan yang intens yang harus mereka hadapi sebagai hamba dan pengikut Tuhan akan mengilhami banyak sekali umat Tuhan selama bertahun-tahun, dekade, dan abad berikutnya, dan diperingati bahkan di Roma. Kanon di antara beberapa martir yang terdaftar di sana menyoroti betapa berpengaruh baik St. Marsellinus dan St. Petrus dalam sejarah Gereja selama berabad-abad. Oleh karena itu, kehidupan dan teladan mereka juga harus menjadi inspirasi dan teladan bagi kita semua.

Semoga Tuhan, Allah dan Bapa kita yang paling pengasih, Juruselamat dan Raja kita terus membantu dan membimbing kita sepanjang perjalanan kita, dan semoga inspirasi dan teladan baik yang ditunjukkan oleh hamba-hamba-Nya yang agung, para martir suci, St. Marsellinus dan St. Petrus terus berlanjut untuk memimpin kita di jalan iman dan kebenaran, kebajikan dan dedikasi Kristiani sehingga kita dapat semakin dekat dalam hubungan kita dengan Tuhan dan dalam iman kita kepada-Nya. Amin.

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy