| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Tanda Suci: Altar

 

Public Domain

 

Banyak dan beragam adalah kekuatan yang menggerakkan manusia. Manusia memiliki kekuatan untuk merangkul seluruh dunia alam, bintang-bintangnya, gunung-gunung, lautan dan sungai-sungai besar, pohon-pohon dan binatang-binatangnya, dan dunia manusia di mana ia berada, dan dengan cinta dan penghargaan untuk menarik semuanya ke dalam batinnya sendiri. dunia. Dia memiliki kekuatan cinta, juga kekuatan kebencian dan penolakan. Dia dapat menentang dan menolak lingkungannya atau membentuknya kembali menurut pikirannya sendiri. Dorongan kesenangan, keinginan, kepercayaan, cinta, ketenangan, kegembiraan mengalir melalui hatinya dalam gelombang yang beraneka ragam.

Tetapi dari semua kekuatannya, manusia tidak memiliki yang lebih mulia daripada kemampuannya untuk mengenali bahwa ada makhluk yang lebih tinggi dari dirinya, dan untuk mengikatkan dirinya pada kehormatan Makhluk Yang Lebih Tinggi ini. Manusia memiliki kekuatan untuk mengenal Tuhan, menyembah-Nya, dan mengabdikan dirinya kepadanya agar "Tuhan dimuliakan".

Tetapi jika keagungan Tuhan ingin menerangi dia sepenuhnya, jika dia menyembah Keagungan Ilahi untuk membebaskan dirinya dari pencarian diri yang gigih, jika dia menyelinap keluar dari dirinya sendiri dan melampaui dirinya sendiri dan mencapai ibadah. Tuhan yang hanya untuk kemuliaan Tuhan, - maka dia harus mengerahkan kekuatan yang lebih tinggi.

Di kedalaman yang tenang dari keberadaan manusia ada wilayah cahaya yang tenang, dan di sana dia melatih kekuatan jiwa yang terdalam, dan mempersembahkan korban kepada Tuhan.

Representasi eksternal dari wilayah pusat ketenangan dan kekuatan ini adalah altar.

Altar menempati tempat paling suci di gereja. Gereja itu sendiri dipisahkan dari dunia pekerjaan manusia, dan altarnya ditinggikan di atas bagian gereja lainnya di tempat yang jauh dan terpisah seperti tempat perlindungan jiwa. Dasar yang kokoh diletakkannya seperti kehendak manusia yang mengetahui bahwa Tuhan telah menetapkan manusia untuk ibadahnya dan bertekad untuk melaksanakan ibadah itu dengan setia. Meja altar yang terletak di atas alas ini terbuka dan dapat diakses untuk persembahan kurban. Bukan dalam ceruk gelap di mana tindakan dapat dilihat secara samar-samar, tetapi tanpa tirai, tanpa tabir, permukaan rata yang terlihat jelas, ditempatkan, sebagaimana altar hati harus diletakkan, terbuka di hadapan Tuhan tanpa ketentuan atau reservasi.

Kedua altar, yang di luar dan yang di dalam, menjadi satu kesatuan yang tak terpisahkan. Altar yang terlihat di jantung gereja hanyalah representasi eksternal dari altar di tengah dada manusia, yang merupakan bait Allah, di mana gereja dengan dinding dan lengkungannya hanyalah ekspresi dan sosoknya.—Romano Guardini, Tanda Suci (1911)

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy