| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Meditasi Antonio Kardinal Bacci: Meneladani Santo Petrus


 Suatu hari Yesus sedang berjalan di sepanjang pantai Laut Galilea ketika Dia melihat dua nelayan menebarkan jala mereka ke dalam air. Dia mendekati mereka dan berkata: "Mari, ikutlah Aku dan kamu akan Kujadikan penjala manusia." (Markus 1:17) Kedua nelayan ini bersaudara bernama Simon dan Andreas. Guru ilahi segera memenangkan hati mereka, sehingga mereka meninggalkan perahu dan jala mereka dan mengikuti Yesus. Simon kemudian dipanggil Petrus dan menjadi pemimpin para Rasul.

Kemurahan hati Petrus dan kasih yang besar kepada Yesus terbukti di halaman-halaman Injil. Ketika Tuhan kita menubuatkan penetapan Ekaristi Mahakudus, banyak dari murid-murid-Nya tersinggung dan meninggalkan-Nya. "Apakah kamu tidak mau pergi juga?" tanya Yesus kepada para Rasul-Nya. Santo Petrus menjawab Dia tanpa penundaan. “Tuhan, kepada siapakah kami akan pergi? Perkataan-Mu adalah perkataan hidup yang kekal; dan kami telah percaya dan tahu, bahwa Engkau adalah Yang Kudus dari Allah." (Yohanes 6:68-69) Pada kesempatan lain Yesus bertanya kepada murid-murid-Nya: “Kata orang, siapakah Anak Manusia itu?” Para Rasul ragu-ragu dan mulai menyarankan nama berbagai Nabi. Tetapi Santo Petrus terilhami untuk menjawab: “Engkau adalah Mesias, Anak Allah yang hidup.” Kemudian Tuhan kita menunjuknya sebagai Kepala Gereja. “Berbahagialah engkau Simon bin Yunus. .. . . Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan Gereja-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya.” (Mat 16: 15-19) Dengan kata-kata ini dilembagakan institusi yang paling tinggi dan paling kuno, Kepausan. Penerus Santo Petrus akan memerintah Gereja sampai akhir zaman dan tidak ada kekuatan, baik penganiayaan maupun kesesatan, baik tirani manusia maupun peradaban palsu, yang akan berhasil menghancurkan benteng kebenaran dan kebaikan ini.

Ketika sekelompok penjahat bayaran menangkap Yesus di Taman Getsemani, murid-murid-Nya ketakutan dan tidak melakukan apa-apa. Peter adalah satu-satunya yang menunjukkan keberanian, menghunus pedangnya untuk membela Guru ilahinya. Kemudian Yesus dibawa dengan rantai di hadapan Sanhedrin dan dijatuhi hukuman mati. Petrus tidak tega meninggalkan-Nya pada takdir-Nya. Dia terlalu murah hati untuk itu, bahkan jika dia terlalu terburu-buru dan terus menyangkal Yesus tiga kali. Tapi dia segera bertobat dan menyesali kesalahannya selama sisa hidupnya. Bahkan dalam dosanya kita dapat melihat kemurahan hati Petrus.

Sebelum dia pergi ke Roma, Petrus telah mencemooh otoritas Sinagoga Yerusalem dan telah menanggung hukuman penjara serta melakukan perjalanan jauh dalam menjalankan misinya. Takdir membawanya ke Roma, di mana dia mendirikan Gereja Roma yang harus dia sucikan dengan menumpahkan darahnya. Dia disalibkan di dekat bukit Vatikan tempat penerusnya suatu hari akan memerintah dunia Kristen. Kemartirannya menganugerahkan kekuatan yang tak terkalahkan kepada Gereja sepanjang masa.

Adalah baik untuk mengagumi kesetiaan Santo Petrus dan rancangan Penyelenggaraan ilahi dalam menjadikannya Kepala Gereja yang kelihatan, tetapi jauh lebih baik untuk mengikuti teladannya. Cintanya kepada Yesus membuatnya meninggalkan keluarganya dan pekerjaan nelayannya untuk mengikuti Tuhan kita. Apa yang dapat kita lakukan untuk kasih Yesus? Ingatlah bahwa jika cinta itu tulus, itu harus murah hati dan efektif.

Kedua, marilah kita merenungkan dan meneladani iman Santo Petrus yang bersemangat dan tak kenal takut. Dia tidak takut untuk mengkhotbahkan ajaran Kristus di hadapan Sanhedrin. Dia tidak takut pada Herodes, yang menjebloskannya ke penjara. Dia tidak takut kepada Kaisar Romawi, yang menyebabkan dia disalibkan. Iman kita harus teguh dan hidup seperti imannya.

Terakhir, mari kita teladani Petrus dalam pertobatannya. Meskipun dia sangat mencintai Yesus dan memiliki iman yang begitu besar kepada-Nya, pada saat kelemahan dan kecerobohan dia menyangkal-Nya tiga kali. Namun, sepanjang hidupnya, dia menangis dengan sedihnya karena dosa ini. Dia tidak puas sampai dia tergantung di kayu salib seperti Tuhan yang ilahi dan dapat membuktikan cintanya kepada Yesus dengan kematian seorang martir.—

 Antonio Bacci  (4 September 1885 – 20 Januari 1971) adalah seorang kardinal Gereja Katolik Roma asal Italia. Ia diangkat menjadi kardinal oleh Paus Yohanes XXIII.

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy