| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Meditasi Antonio Kardinal Bacci: Roh Kudus menyelesaikan apa yang tidak pernah dilakukan oleh manusia

Gambar oleh Gerd Altmann dari Pixabay

Orang seperti apa para Rasul sebelum mukjizat Pentakosta? Mereka adalah orang-orang yang kasar, murah hati dan menyukai Yesus, mungkin, tetapi bodoh, pemalu, dan ambisius. Mereka mengharapkan kemuliaan pribadi dalam kerajaan duniawi. Kemudian datang bencana Kalvari. Kepercayaan sederhana mereka menghilang dan membuat hati mereka dipenuhi penyesalan. "Lalu semua murid itu meninggalkan Dia dan melarikan diri." (Mat. 26:56) Bagi mereka tampaknya Yesus telah gagal, sehingga mereka meninggalkan Dia.

Mukjizat Kebangkitan memulihkan iman mereka. Tapi mereka masih kurang keberanian dan usaha. Mereka berkumpul bersama di Ruang Atas untuk berdoa dan mengurung diri di sana karena takut kepada orang Yahudi. Tetapi sebelum Ia naik ke Surga, Yesus telah berjanji bahwa Ia akan mengirimkan Roh Kudus untuk menerangi mereka tentang pengajaran-Nya dan memberi mereka keberanian dan kemampuan untuk menyebarkannya ke seluruh dunia. Sekarang janji ini terpenuhi. Pada hari raya Pentakosta, yaitu lima puluh hari setelah Paskah, tiba-tiba terdengar suara dari Surga “seperti tiupan angin kencang”. Kemudian muncul "lidah seperti api, yang hinggap pada mereka masing-masing." (Kisah Para Rasul 2:1)

Sejak saat mereka menerima Roh Kudus, para Rasul benar-benar berubah. Intelek mereka dipenuhi dengan cahaya supranatural, hati mereka dipenuhi dengan cinta, dan keinginan mereka menerima kekuatan ilahi untuk menahan perlawanan manusia. Mereka meninggalkan Ruang Atas dan mulai mengkhotbahkan ajaran Yesus Kristus secara terbuka. Kata-kata mereka terdengar di telinga setiap pendengar seolah-olah diucapkan dalam bahasanya sendiri, sehingga terang Injil diberikan kepada semua orang. Orang-orang itu juga tidak menunjukkan rasa takut sedikit pun ketika harus menghadapi kemarahan Sinagoga dan orang-orang Yahudi. Seperti penakluk damai, tanpa senjata manusia tetapi didukung oleh kuasa Allah, mereka membagi dunia di antara mereka sehingga mereka dapat memenangkannya bagi Kristus.



Kekaisaran Romawi kecil bagi mereka. Terlebih lagi, mereka melakukan perjalanan ke pantai-pantai jauh di Etiopia dan India di mana Elang Roma tidak pernah menemukan jalannya.

Tentunya ini keajaiban sejarah yang paling luar biasa?

Roh Kudus menyelesaikan apa yang tidak pernah dapat dilakukan oleh pasukan manusia kecuali sebagian atau untuk jangka waktu terbatas. Dalam pencapaian ini Dia menggunakan sarana manusia yang paling lemah, yaitu dua belas nelayan miskin.

Kekaisaran Roma di dunia telah berlalu, tetapi wilayah Rohani Kristus masih tetap ada, dengan pusatnya di Roma, sebagai satu-satunya terang sejati, satu-satunya harapan yang tak pernah gagal, dan satu-satunya janji keselamatan bagi individu dan bangsa.

Kita masih membutuhkan Roh Kudus hari ini untuk menerangi dan menguatkan kita. Kita pada dasarnya sangat tidak sempurna dan sangat lemah. Di sekitar kita ada masyarakat yang rusak, mungkin lebih bejat dan lebih berbahaya daripada yang dihadapi para Rasul.

Lapisan kehalusan dan peradaban memberi masyarakat modern kilau yang menipu, tetapi di dalam hatinya ada kesengsaraan dan kebusukan yang jauh lebih besar daripada apa pun yang pernah diketahui oleh ayah kita. Ini karena di zaman kita kemajuan bagi banyak orang telah menjadi alat dosa. Hari ini kita harus bersaing tidak hanya dengan keberadaan kejahatan, tetapi juga dengan industrialisasinya. Kejahatan dibeli dan dijual; itu disebarkan untuk keuntungan.

Kita membutuhkan Roh Allah untuk melenyapkan kekuatan korupsi, untuk mengubah kita sebagaimana Dia mengubah para Rasul, dan untuk membantu kita menjadikan orang lain baik.

Marilah kita berdoa dengan sungguh-sungguh kepada Roh Kudus. Marilah kita berdoa bersama Gereja: “Utuslah Roh-Mu ya Tuhan, dan jadi baru seluruh muka bumi.”

Marilah kita mengingat diri kita sendiri dalam doa di hadapan Roh Allah. Marilah kita memperbaharui tekad kita dan mempercayakannya kepada-Nya sehingga Dia dapat membantu kita untuk melaksanakannya.

“Masuklah, ke dalam hati kami, ya Roh Kudus, Roh kebenaran.”—    

 

Antonio Bacci  (4 September 1885 – 20 Januari 1971) adalah seorang kardinal Gereja Katolik Roma asal Italia. Ia diangkat menjadi kardinal oleh Paus Yohanes XXIII.

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy