| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Tanda Suci: Api

 Kebutuhan hati yang terdalam membuat kita merindukan persatuan dengan Tuhan. Dua jalur mengarah ke penyatuan ini, dua jalur terpisah, meskipun keduanya berakhir pada tujuan yang sama. Yang pertama adalah jalan pengetahuan dan cinta. Jalan ini ditunjukkan oleh jiwa kita sendiri kepada kita. Yang lain kita ketahui hanya karena Kristus telah menunjukkannya kepada kita.

Tindakan mengetahui adalah tindakan penyatuan. Dengan pengetahuan kita menembus sifat suatu objek dan menjadikan objek itu milik kita. Kita secara mental menyerapnya, dan itu menjadi bagian tak terpisahkan dari diri kita sendiri. Kita juga merupakan tindakan penyatuan, dan bukan hanya keinginan penyatuan. Itu adalah penyatuan yang sebenarnya, karena begitu banyak hal yang kita cintai menjadi milik kita. Karena ada lebih dari satu cara untuk mencintai, kita menyebutnya cinta "spiritual". Tetapi kata itu kurang tepat, karena itu juga berlaku untuk cara penyatuan lainnya melalui jalan kedua yang saya bicarakan. Perbedaannya adalah sementara jenis cinta naluriah pertama ini menghasilkan persatuan, ia tidak, seperti yang lainnya, bergabung dengan keberadaan. Itu adalah penyatuan oleh pengetahuan sadar dan niat kehendak.

Apakah ada bentuk material yang memberikan keserupaan dengan penyatuan seperti itu?
Memang ada; cahaya dan panas yang sangat indah.

Mata kita, tanpa mendekati atau menyentuhnya, melihat dan menerima nyala lilin. Mata dan lilin tetap berada di tempatnya, namun penyatuan terjadi. Itu bukan persatuan percampuran dan penyerapan, tetapi penyatuan jiwa yang murni dan hormat dengan Tuhan melalui pengetahuan. Karena, seperti yang dikatakan Kitab Suci, Allah adalah kebenaran, dan karena siapa pun yang mengetahui kebenaran, secara mental memilikinya, maka dengan pengetahuan yang benar tentang dia, pikiran kita memiliki Tuhan. Tuhan hadir dalam intelek yang pemikirannya benar. Inilah yang dimaksud dengan “mengenal Tuhan”, Mengenal Tuhan adalah menjadi satu dengan Dia sebagaimana mata menjadi satu dengan nyala lilin dengan memandangnya.



Namun cahaya nyala lilin tidak lepas dari panasnya. Meskipun lagi-lagi lilin itu tetap berada di tempatnya, kita merasakan kehangatan yang memancar di pipi atau punggung tangan kita.

Persatuan panas ini mirip dengan penyatuan antara kita dan Api Ilahi dengan cinta. Tuhan itu baik. Siapa pun yang mencintai yang baik memilikinya secara spiritual, karena yang baik menjadi milik kita karena kita mencintainya. Begitu banyak kebaikan yang kita cintai, sebanyak itulah yang kita miliki. "Allah," seperti yang dikatakan Santo Yohanes kepada kita, "adalah kasih. Dan dia yang tinggal di dalam kasih tinggal di dalam Tuhan, dan Tuhan di dalam dia." Mengetahui, mengasihi Tuhan, berarti menjadi satu dengan Dia; dan kebahagiaan abadi kita terdiri dari memandang Tuhan dan mengasihi-Nya. Memandang, mengasihi, tidak berarti kita berdiri lapar di hadapannya, tetapi sampai ke lubuk hati kita yang paling dalam, kita dipenuhi dan dipuaskan.

Api, yang merupakan sosok jiwa, juga merupakan sosok Tuhan yang hidup; karena "Allah itu terang dan tidak ada kegelapan di dalamnya." Seperti nyala api memancarkan cahaya demikian pula Tuhan memancarkan kebenaran, dan jiwa dengan menerima kebenaran dipersatukan dengan Tuhan, seperti mata kita dengan melihat cahayanya disatukan dengan nyala api. Dan, sebagaimana nyala api memancarkan panas, demikian pula Tuhan memancarkan kehangatan kebaikan; dan seperti tangan dan pipi dengan merasakan kehangatan menjadi satu dengan nyala api, demikian pula siapa pun yang mengasihi Tuhan menjadi satu dengannya dalam kebaikan. Tetapi juga, seperti lilin yang tetap bebas dan terlepas dari tempatnya, demikian pula Tuhan berdiam tak tergerak "diam dalam cahaya yang tak terhampiri".

Nyala api, memancarkan cahaya, memancarkan panas, adalah gambaran bagi kita tentang Tuhan yang hidup.
Semua ini menjadi kenyataan bagi kita pada Sabtu Suci ketika lilin Paskah, yang melambangkan Kristus; menyala. Tiga kali, setiap kali dengan nada yang lebih tinggi, diakon menyanyikan "Lumen Christi", lalu menyalakan lilin Paskah. Segera setiap lampu dan lilin di gereja dinyalakan darinya, dan seluruh bangunan menyala dan bersinar dengan pancaran dan kehangatan hadirat Allah.—Romano Guardini, Sacred Signs (1911)

 

 

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy