| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Meditasi Antonio Kardinal Bacci: Bekerja dan Berdoa

The Angelus (1857–1859) oleh Jean-François Millet

 Mari kita buka Injil St. Yohanes. “Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah. Ia pada mulanya bersama-sama dengan Allah. Segala sesuatu dijadikan oleh Dia dan tanpa Dia tidak ada suatupun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan.” (Yohanes 1:1-3) Karya penciptaan dikaitkan secara khusus dengan Firman yang Kekal, Anak Allah. Dia adalah Pekerja Ilahi yang menciptakan dari ketiadaan langit, bumi, dan keajaiban yang terkandung di dalamnya.

Kemudian Firman Allah yang Kekal menjadi manusia. (Yohanes 1:14) Tetapi posisi apa yang Dia pilih untuk ditempati di antara kita? Dia bisa saja terlahir sebagai pewaris takhta Roma yang termasyhur, yang paling berkuasa sepanjang sejarah. Dia bisa saja lahir di Athena di antara para filsuf Areopagus, yang mewariskan cahaya kebijaksanaan dan keindahan manusia selama berabad-abad. Tapi itu tidak mungkin bahwa Firman Tuhan harus meninggalkan, bisa dikatakan, kemuliaan kekal dari Bapa untuk mengenakan jubah kekuatan manusia yang picik. Dia tidak membutuhkan ini. Dia datang di antara kita untuk mengajar kita tentang kerendahan hati jalan menuju Surga, bukan jalan keagungan manusia. Oleh karena itu, Ia dilahirkan sebagai anak seorang tukang, “anak tukang kayu,” (Mat. 13:55) dan seorang tukang sendiri, “tukang kayu, anak Maria.” (Markus 6:3) Menurut tradisi yang paling kuno dan paling dapat diandalkan, Dia adalah salah satu dari banyak tukang kayu di pedesaan Palestina yang siap menyesuaikan diri dengan pekerjaan apa pun, apakah itu membuat pintu, pegangan untuk cangkul, atau bajak. (Bdk. Justin, Dial. Triph. 88: 8 ) Oleh karena itu, sejak masa mudanya, Yesus adalah seorang magang tukang kayu, dan ketika St Yusuf wafat, Dia melanjutkan perdagangannya dan mencari nafkah untuk Bunda Maria dan Diri-Nya sendiri.


Hanya setelah bertahun-tahun melakukan pekerjaan manual, Yesus berhenti menjadi seorang tukang dan mendedikasikan diri-Nya untuk pekerjaan pikiran dan hati. Dalam tiga tahun kehidupan publik-Nya Dia adalah seorang Rasul kebenaran dan kebaikan. Dengan cara ini Dia menguduskan setiap jenis pekerjaan, manual, intelektual, dan spiritual.

Pelajaran besar yang Yesus ingin ajarkan kepada kita adalah bahwa setiap jenis pekerjaan adalah baik dan mulia. Kerja manual buruh tani dan pengrajin adalah kerja sama dalam karya ciptaan Tuhan. Kerja rohani adalah kerja sama dalam karya Penebusan. Keduanya disucikan oleh Yesus. Biarlah mereka yang bekerja dengan tangan mereka mengambil inspirasi dari Yesus, yang menundukkan diri-Nya selama tiga puluh tahun untuk semua pengorbanan yang terlibat dalam pekerjaan kasar. Biarlah para cendekiawan dan pekerja kerasulan memandang kepada Yesus juga, karena ketika saat-Nya telah tiba, Ia mengorbankan diri-Nya dalam kerasulan-Nya dan memberikan hidup-Nya bagi kita. Dalam pandangan-Nya cangkul petani dan pena penulis, palu pekerja dan stola imam, semuanya mulia dan suci. Satu-satunya syarat adalah bahwa semua orang harus melakukan tugas mereka dengan hati-hati atas dasar kasih kepada Allah dan sesama.

Bekerja adalah hak sekaligus kewajiban yang dimiliki oleh semua orang. Akan tetapi, pada awal penciptaan, kerja merupakan kesenangan bagi umat manusia dan bumi menghasilkan buahnya dengan mudah dan siap. “TUHAN Allah mengambil manusia itu dan menempatkannya dalam taman Eden untuk mengusahakan dan memelihara taman itu.” (Kej. 2:15) Namun, setelah dosa pemberontakan Adam, alam pada gilirannya memberontak terhadap manusia. Bekerja bukan lagi sekadar kesenangan, tetapi juga hukuman dan kebutuhan yang mengerikan.

"Terkutuklah tanah karena engkau," kata Tuhan kepada Adam. “dengan bersusah payah engkau akan mencari rezekimu dari tanah seumur hidupmu: semak duri dan rumput duri yang akan dihasilkannya bagimu, dan tumbuh-tumbuhan di padang akan menjadi makananmu; dengan berpeluh engkau akan mencari makananmu...” (Kejadian 3:17-19).
 
 Perintah Tuhan ini mengikat semua orang. Kemalasan dikutuk sebagai sumber kejahatan. "Kemalasan adalah guru yang tepat dari kenakalan." (Bdk. Sir 33:29) Setiap orang harus melakukan pekerjaan mental atau manual. Kedua jenis pekerjaan ini saling melengkapi dan sama-sama bermartabat dan perlu. Seorang pria yang bekerja dengan tangannya tidak boleh iri pada orang yang bekerja dengan kecerdasannya. Pekerja mental tidak boleh meremehkan atau menganggap dirinya lebih tinggi dari pekerja manual. Kita semua bersaudara dan telah ditempatkan di mana pun kita berada karena rencana Tuhan. Untuk alasan ini kita harus mengasihi dan membantu satu sama lain.

Kita harus menerima pekerjaan kita sehari-hari dan menguduskannya dengan doa seperti yang Yesus lakukan. “Berdoa dan bekerja” adalah semboyan kuno para Benediktin.

Semua pekerjaan yang dilakukan dengan dan untuk Tuhan seolah-olah menjadi sakramen yang menguduskan dan menyucikan kita. Saat kita mempersembahkan keringat di kening kita kepada Tuhan, itu menjadi seperti air suci yang menghapus kesalahan kita, sementara kelelahan kita diubah menjadi doa.

"Yesus, Pekerja Ilahi, berkati aku, bantu aku, dan jadikan aku suci."

 
 
   Antonio Bacci  (4 September 1885 – 20 Januari 1971) adalah seorang kardinal Gereja Katolik Roma asal Italia. Ia diangkat menjadi kardinal oleh Paus Yohanes XXIII.

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy