| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Meditasi Antonio Kardinal Bacci: Mengenali kehadiran Tuhan


 
 Sangat berguna untuk mempertimbangkan cara-cara di mana kita dapat mengembangkan kesadaran yang konstan dan efektif akan kehadiran Tuhan. Cara pertama yang dapat kita lakukan adalah dengan memupuk iman yang hidup yang akan membantu kita melihat Tuhan di mana-mana. “Tidakkah Aku memenuhi langit dan bumi? Demikianlah firman Tuhan.” (Yer. 23:24)

Keyakinan seperti ini seharusnya memperdalam perasaan kita akan kehadiran Tuhan dan mengilhami dalam diri kita perasaan cinta dan syukur yang akan membimbing kita dalam semua tindakan kita. Kita tidak dapat berharap bahwa kita akan dapat tetap dalam keadaan kontemplasi terus-menerus kepada Tuhan, karena ini adalah hak istimewa yang dinikmati oleh para kudus di Surga, yang imannya telah digantikan oleh penglihatan yang indah. Kita harus puas dengan menggairahkan dalam diri kita sesering mungkin kesadaran aktif akan kehadiran Tuhan. Ini harus menjadi proses yang tenang dan damai, tidak melibatkan usaha mental atau kecemasan yang tidak semestinya.

Kita harus dapat melakukan pekerjaan kita dan kewajiban lainnya secara alami, dan kita harus dibantu dan dihibur dalam hal ini dengan mengarahkan pikiran kita kepada Tuhan dari waktu ke waktu untuk mempersembahkan diri kita kepada-Nya. Ini dapat dengan mudah dilakukan melalui seruan doa yang sering, dengan memperbarui secara berkala niat kita untuk melakukan segalanya demi cinta Tuhan, dan dengan bersiap untuk bertahan dalam penerimaan penuh kehendak Ilahi semua kesulitan dan cobaan hari ini. Terlebih lagi, kapan pun memungkinkan, kita harus melarikan diri dari kekhawatiran dan kebingungan dunia ke dalam gereja yang tenang. Di sini kita dapat berlutut di hadapan nyata Yesus dalam Ekaristi Mahakudus dan mengungkapkan dalam doa yang intim cinta kita kepada-Nya dan keinginan kita untuk melayani Dia.

Cara lain untuk meningkatkan kesadaran kita akan kehadiran Tuhan adalah dengan memahami Dia dalam semua ciptaan-Nya. St Theresia dari Kanak-Kanak Yesus suka merenungkan gambar Penciptanya di bunga-bunga di padang dan di bintang-bintang cakrawala.

Tuhan telah menciptakan segala sesuatu untuk kepentingan kita dan Dia hadir dalam segala sesuatu. Dia melihat apa gunanya kita memanfaatkannya dan dapat menilai apakah kita menggunakannya untuk menghormati Dia, yang merupakan awal dan akhir kita. Sinar keindahan ilahi yang memancar dalam setiap ciptaan harus menarik kita kepada Penciptanya dan membuat kita memuja dan mengabdi kepada-Nya. Terlebih lagi, setiap kali kita bertemu dengan orang terpelajar dan suci, refleksi kekuasaan dan kebaikan Tuhan semakin memikat. “Belajarlah untuk mencintai Sang Pencipta dalam makhluk,” kata St. Agustinus, “agar benda yang Dia ciptakan tidak mencengkeram kamu, dan kamu kehilangan Dia yang dengannya kamu juga diciptakan.” (Dalam Mzm., 19)

Dengan kata lain, marilah kita belajar untuk melihat Sang Pencipta dalam semua makhluk-Nya sehingga tidak memperbudak kita dan membuat kita kehilangan Dia yang merupakan kebaikan tertinggi kita.

Cara ketiga untuk tetap memperhatikan hadirat Tuhan adalah merenungkan Dia yang hidup di dalam diri kita sendiri. Memang benar bahwa Tuhan hadir di mana-mana, Dia berdiam secara khusus di dalam jiwa manusia, yang merupakan mahakarya penciptaan. Ketika jiwa kita dihiasi dengan kasih karunia-Nya, kesenangan-Nya pada kita tidak terbatas. “Aku akan diam bersama-sama dengan mereka dan hidup di tengah-tengah mereka, dan Aku akan menjadi Allah mereka, dan mereka akan menjadi umat-Ku.” (2 Kor. 6:16) “Tidak tahukah kamu, bahwa kamu adalah bait Allah dan bahwa Roh Allah diam di dalam kamu?” (1 Kor. 3:16)

Karena itu, Tuhan tinggal di antara kita, dan tinggal di dalam kita seperti di banyak tempat suci. Kita harus mengenali kehadiran-Nya dan mendengarkan suara-Nya; terlebih lagi, kita harus menyembah-Nya, mencintai-Nya, dan berdoa kepada-Nya.—
 
 
 Antonio Bacci  (4 September 1885 – 20 Januari 1971) adalah seorang kardinal Gereja Katolik Roma asal Italia. Ia diangkat menjadi kardinal oleh Paus Yohanes XXIII.

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy