| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Meditasi Antonio Kardinal Bacci: Sebuah langkah praktis untuk menjamin kematian yang suci dan bahagia


 
 
Ketika nabi Elia merasa takut dan putus asa karena umat pilihan telah meninggalkan Tuhan dan membunuh semua nabi lainnya, dia melarikan diri ke padang gurun. Suatu hari dia lelah dan sedih dan berbaring untuk tidur di bawah naungan pohon juniper. Tiba-tiba dia dibangunkan oleh Malaikat Tuhan yang menunjukkan kepadanya dua kali berturut-turut kue perapian yang dia desak untuk dimakan. Nabi makan dan minum “dan berjalan dengan kekuatan makanan itu empat puluh hari empat puluh malam, sampai ke gunung Allah.” (Lih. 1 Raja-raja 19:4-8)

Beberapa komentator melihat dalam roti yang dimakan Elia ini gambaran Ekaristi Mahakudus, dan dalam perjalanannya menuju gunung Tuhan, perjalanan kita sendiri melalui kehidupan menuju kekekalan. Terkadang kita juga merasa lelah dalam perjalanan dan seolah-olah Tuhan telah meninggalkan kita. Seringkali kita merasa kesusahan dan bersedih, merasa rendah hati karena seringnya kita terjatuh ke dalam dosa, putus asa untuk menjadi kudus. Pada saat-saat seperti itu, seperti Elia, kita membutuhkan makanan, makanan dari Ekaristi Mahakudus. Makanan rohani ini, yang berisi Yesus hidup yang sejati, sumber rahmat, adalah satu-satunya yang dapat memberi kita keberanian dan kekuatan untuk melanjutkan perjalanan kita dan mengatasi rintangan-rintangan yang kita temui dalam perjalanan. Marilah kita sering menggunakan sarana rezeki yang menakjubkan ini, yang melaluinya Yesus membekali kita dengan kekuatan supernatural yang kita perlukan. Kemudian kita dapat mengulangi kata-kata Santo Paulus: “Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku.” (Flp. 4:13)

Meskipun Ekaristi Kudus menopang kita melalui perjalanan hidup, kita membutuhkannya terutama ketika kita mendekati akhir dan akhirnya melihat rumah surgawi kita.

Manusia tidak dapat berbuat apa-apa lagi untuk kita di saat-saat terakhir ini. Teman-teman kita, jika kita punya sisa, tidak akan punya apa pun untuk diberikan kepada kita kecuali kasih sayang mereka. Para dokter akan meninggalkan kita setelah kita melewati tahap di mana bantuan medis berguna bagi kita. Kehidupan akan menjadi sebuah kenangan yang sulit dipahami, sebuah kenangan yang menyedihkan jika mengingat rentetan dosa yang panjang, namun menjadi penghiburan jika mengingatkan kita akan perbuatan baik dan perbuatan mati raga.

Sebagai aturan umum, orang yang sekarat merasakan kerinduan akan bantuan. Kerinduan kita akan terpuaskan jika pada saat-saat terakhir kita mendapat hak istimewa untuk menerima Penyembuh ilahi yang juga Juruselamat dan Penebus kita. Namun, karena kematian dapat menyerang kita tanpa kita sadari, kita tidak bisa terlalu bergantung pada penghiburan terakhir ini. Setiap kali kita menerima Komuni Kudus, kita hendaknya memohon kepada Yesus untuk tidak mencabut Viaticum Suci dari kita pada saat kematian.

Jika kita ingin Yesus membantu kita dalam perjuangan terakhir kita melawan godaan, marilah kita menerima Dia sesering mungkin dalam Komuni Kudus dengan semangat yang sama seperti kita ingin menerima Dia dalam penderitaan terakhir kita. Lalu kita boleh berharap bahwa kesetiaan kita yang panjang akan dimahkotai oleh rahmat Viaticum. Alangkah indahnya jika di penghujung hidup kita dapat mendekap Yesus di dalam hati kita dan mengatakan kepada-Nya bahwa kita selalu mengasihi Dia, atau paling tidak bahwa kita selalu melakukan yang terbaik untuk mengasihi dan melayani Dia.—

 Antonio Bacci  (4 September 1885 – 20 Januari 1971) adalah seorang kardinal Gereja Katolik Roma asal Italia. Ia diangkat menjadi kardinal oleh Paus Yohanes XXIII.
 

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy