| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Orang Kudus hari ini: 28 Agustus 2023 St. Agustinus

Public Domain


 Saudara dan saudari dalam Kristus, hari ini Gereja memperingati St. Agustinus dari Hippo, Pujangga Gereja yang pertama, bapa Gereja yang agung dan teladan bagi kita semua. St Agustinus dari Hippo memang sangat terkenal dan dihormati sebagai abdi Allah yang agung, namun ia tidak selalu menjadi orang yang setia sejak awal. Pada awalnya, St Agustinus dilahirkan dalam keluarga bangsawan pagan Romawi, dari seorang bangsawan bernama Patricius dan ibunya, St. Monika, seorang penganut Kristen. St Agustinus dibesarkan sebagai seorang penyembah berhala dan dibesarkan dengan baik dalam cara-cara dunia, dan memiliki minat yang besar dalam pencarian intelektual, menjadi sangat cerdas dan ingin tahu secara alami.

Namun, St. Agustinus menjalani kehidupan masa mudanya dalam pengejaran dan gaya hidup hedonistik, terombang-ambing oleh berbagai godaan kemuliaan duniawi dan kesenangan daging, bahkan membawanya menjadi ayah dari seorang anak dari seorang wanita di luar nikah. Untuk beberapa waktu ia menganut ajaran sesat Manichean. Semua hal ini menimbulkan kesengsaraan dan sakit hati yang besar bagi ibundanya yang tercinta, St. Monika, yang sangat mengabdikan dirinya kepada putranya, dan yang berdoa setiap hari untuk pertobatan suami dan putranya.  Melalui doa ibundanya dan pengaruh St Ambrosius, yang ia temui di Milan, Italia, Agustinus dibaptis pada tahun 387. Ia ditahbiskan menjadi imam pada tahun 391. Pada akhirnya, upaya, doa dan tindakan St. Monika menuntun pada pertobatan, pertama pada suaminya sebelum suaminya meninggal, dan akhirnya, pada St. Agustinus sendiri, yang dipanggil oleh Tuhan, meninggalkan gaya hidupnya yang jahat dan pengejaran duniawi, memeluk Tuhan. dengan sepenuh hati sejak saat itu. Pada tahun 395, Agustinus diangkat menjadi uskup Hippo (sekarang Annaba, Aljazair), menjadi juru bicara Gereja di Afrika Utara.

St Agustinus kemudian menjalani cara hidup yang benar-benar setia dan patut diteladani, sebagai salah satu bapa Gereja paling berpengaruh sepanjang masa, yang iman dan devosinya benar-benar menjadi mercusuar terang dan kebenaran Allah. Dia banyak menulis tentang banyak aspek iman, dan banyak karyanya mempengaruhi banyak orang suci, teolog, dan orang lain di Gereja lama setelah dia meninggal dunia dalam kemuliaan Surga. Karya-karyanya, termasuk karya De Trinitate, sebuah risalah tentang sifat Tritunggal Tuhan, dan karya-karya lain seperti Kota Tuhan, tetap menjadi karya sastra dan teologis yang hebat, yang membuatnya dihormati sebagai salah satu Pujangga Gereja yang pertama, setelah membawa begitu banyak orang menuju jalan Tuhan dan keselamatannya, baik langsung maupun tidak langsung. St Agustinus wafat pada tahun 430 dan dihormati sebagai orang kudus segera setelah kematiannya.

Saudara-saudari dalam Kristus, setelah mendengar semua hal ini, dari Kitab Suci dan dari teladan yang ditunjukkan oleh St. Agustinus dari Hippo, pendahulu kita yang agung dan suci, teladan kita yang cemerlang, dapatkah kita semua terinspirasi untuk menjalani kehidupan kita dengan benar? iman dan pengabdian kepada Tuhan juga? Bisakah kita benar-benar bertaqwa dan setia dalam jalan hidup kita juga, sehingga dengan setiap kata-kata, tindakan dan perbuatan kita, setiap saat dalam hidup kita, kita dapat membantu memimpin orang lain kepada Tuhan dan menginspirasi mereka semua di jalan mereka, sehingga semakin banyak orang yang mengenal Tuhan, kasih dan kebenaran-Nya. Oleh karena itu, marilah kita semua melakukan bagian kita sehingga kita benar-benar layak bagi Tuhan, dan layak menerima kemuliaan kekal dan sukacita sejati yang telah Dia janjikan kepada semua orang yang setia kepada-Nya. Semoga Tuhan memberkati kita semua dalam segala niat dan upaya baik kita. Amin.

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy