| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Meditasi Antonio Kardinal Bacci: Jangan khawatir tentang hari esok


 
 
 Terkadang kita menjadi putus asa dan kehilangan kepercayaan pada Tuhan. Ini mungkin akibat dari penyakit, atau kemalangan, atau kesalahpahaman di pihak orang lain. Bagaimanapun, pada kesempatan seperti itu kita mungkin merasa seolah-olah kita telah dilupakan oleh Tuhan.

Yesus Kristus bersedia menanggung pencobaan seperti ini ketika Dia tergantung di kayu Salib, dicemooh dan diejek oleh mereka yang Dia telah datang untuk menebusnya. “Allahku, ya Allahku,” serunya, “mengapa Engkau meninggalkan Aku?” (Mat. 27:46) Akan tetapi, di Taman Getsemani, Dia telah melihat dalam penglihatan yang menakutkan dosa dan tindakan tidak berterima kasih umat manusia. Ia telah memohon kepada Bapa-Nya untuk mengambil dari-Nya piala penderitaan yang telah dipersembahkan kepada-Nya, tetapi Ia segera menambahkan: “Tetapi bukan kehendak-Ku yang terjadi, melainkan kehendak-Mu.” (Lukas 22:62)

Kita harus berperilaku dengan cara yang sama. Apakah itu penderitaan fisik atau moral yang menyiksa kita, kita harus menatap Salib dan mengingat bahwa Yesus jauh lebih menderita dalam ketaatan pada kehendak Bapa-Nya. Kita tidak boleh kurang percaya pada Penyelenggaraan Ilahi dan pasrah pada kehendak Tuhan. Dalam rancangan Allah yang misterius bagi kita, kejahatan yang kita alami ini dimaksudkan untuk kebaikan kita sendiri. Itu mungkin telah dikirim untuk memuliakan kita atau untuk memurnikan kita atau untuk memberi kita kesempatan untuk memperbaiki dosa-dosa kita.

Tuhan telah menganugerahi penderitaan dengan misi yang sangat bertujuan di dunia. Itu seharusnya berdampak membuat kita terlepas dari hal-hal duniawi dan lebih disibukkan dengan hal-hal rohani. Mari kita percaya kepada Tuhan, kemudian, dan mengingat kata-kata Roh Kudus: "Siapa gerangan percaya pada Tuhan lalu dikecewakan?" (Sir. 2:10)

Keasyikan yang berlebihan dengan urusan duniawi mungkin sering menjadi penyebab kurangnya kepercayaan kita yang sempurna kepada Tuhan. Kita khawatir tentang hari esok, dan banyak kebutuhan materi kami. Tetapi Yesus telah memperingatkan kita tentang hal ini. “Jangan kuatir akan hidupmu,” Dia berkata,  akan apa yang hendak kamu makan atau minum, dan janganlah kuatir pula akan tubuhmu,  Bukankah kamu jauh lebih berharga daripada mereka?...Pandanglah burung-burung di langit, yang tidak menabur dan tidak menuai dan tidak mengumpulkan bekal dalam lumbung," (Bdk. Mat 6:25-26) namun saya katakan kepada Anda bahwa bahkan Salomo dalam segala kemuliaannya tidak tersusun seperti salah satu dari ini. Tetapi jika Tuhan mendandani rumput di ladang, yang hari ini tumbuh subur tetapi besok dibuang ke dalam oven, apalagi kamu, hai orang yang kurang percaya! Karena itu jangan kuatir… Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu. Sebab itu janganlah kamu kuatir akan hari besok, karena hari besok mempunyai kesusahannya sendiri. Kesusahan sehari cukuplah untuk sehari.” (bdk. Mat 6:25-34) “Bukankah burung pipit dijual dua ekor seduit? Namun seekorpun dari padanya tidak akan jatuh ke bumi di luar kehendak Bapamu. Dan kamu, rambut kepalamupun terhitung semuanya.Sebab itu janganlah kamu takut, karena kamu lebih berharga dari pada banyak burung pipit.” (Bdk. Mat 10:29-31)

Tuhan tidak melarang kita, tentu saja, untuk bekerja dan menyediakan kebutuhan untuk masa depan. Tetapi Dia mengutuk kecemasan berlebihan yang cenderung mengalihkan perhatian kita dari kewajiban rohani kita. Kita harus sibuk, tentu saja, tetapi tidak pernah disibukkan. Kita harus selalu memiliki keyakinan yang sempurna kepada Tuhan dan pasrah pada kehendak-Nya.—
 
 Antonio Bacci  (4 September 1885 – 20 Januari 1971) adalah seorang kardinal Gereja Katolik Roma asal Italia. Ia diangkat menjadi kardinal oleh Paus Yohanes XXIII.
 

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy