| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Meditasi Antonio Kardinal Bacci: Kasih harus diungkapkan dalam sedekah dan perbuatan baik


 
 Gambaran Penghakiman Terakhir dalam Injil St. Matius bab dua puluh lima akan mengejutkan banyak orang jika mereka membacanya. Prinsip-prinsip yang dengannya Kristus akan menjatuhkan hukuman sudah jelas. Apakah kamu memberi makan dan memberi pakaian kepada orang miskin demi Aku, Dia akan bertanya, karena kamu mengenali Aku di dalam diri mereka? Jika kamu melakukannya, kamu pasti akan diselamatkan. Jika kamu lalai melakukannya, kamu akan dihukum selama-lamanya. Kristus tidak bertanya tentang yang lain, karena yang lainnya tunduk pada ajaran kasih. Di mana ada kasih, yang lainnya mengikuti. Di mana kasih kurang, tidak ada yang lain, karena kekristenan identik dengan kasih. Kasih, kata St. Paulus, “adalah ikatan kesempurnaan.” (Kol. 3:14)

Keselamatan kekal kita bergantung pada kasih amal kita. Tapi itu harus menjadi kasih dalam tindakan, bukan hanya dalam kata-kata. “Barangsiapa mempunyai harta duniawi dan melihat saudaranya menderita kekurangan tetapi menutup pintu hatinya terhadap saudaranya itu, bagaimanakah kasih Allah dapat tetap di dalam dirinya?” kata St. Yohanes (Surat Pertama St. Yohanes, 3:17) Kasih harus diungkapkan dalam sedekah dan perbuatan baik, karena jika tidak, itu akan menjadi omong kosong yang tidak berdaya untuk menyelamatkan kita.

Akan tetapi, pemberian sedekah kita tidak boleh didikte hanya oleh perasaan belas kasih alami, atau oleh kedermawanan belaka. Itu harus terutama merupakan tindakan religius, yang muncul dari motif supernatural. Karena kita melihat pribadi Kristus dalam diri orang miskin, kita harus mencintai dan membantunya sebagaimana kita seharusnya menjadi Penebus Ilahi kita, yang dari Tubuh Mistiknya dia adalah anggota yang menderita. Ini adalah kasih Kristiani yang sejati.

Seorang manusia yang sombong mungkin juga bermurah hati dalam memberikan uang untuk menarik perhatian pada dirinya sendiri. Tetapi ini bukanlah sedekah Kristiani, yang tidak pernah merupakan produk dari cinta-diri, tetapi dari cinta Allah. Oleh karena itu, marilah kita lebih bermurah hati dalam memberi, tetapi marilah kita selalu memberi dari motif adikodrati kasih Kristiani.

Kita harus sering membaca dan merenungkan ayat-ayat pujian kasih dan sedekah yang terkandung dalam Kitab Suci. “...berikanlah isinya sebagai sedekah dan sesungguhnya semuanya akan menjadi bersih bagimu.” (Lukas 11:41) “Memang sedekah melepaskan dari maut dan menghapus setiap dosa. Orang yang melakukan sedekah akan menjadi puas dengan umurnya.” (Tob. 12:9) “lepaskanlah diri tuanku dari pada dosa dengan melakukan keadilan, dan dari pada kesalahan dengan menunjukkan belas kasihan terhadap orang yang tertindas.” (Dan. 4:27) "Anakku, jangan enggan memberikan nafkah kepada orang miskin, dan jangan membuat orang papa rindu dendam." (Sir. 4:1) “ Api yang bernyala-nyala dipadamkan air, dan dosa dipulihkan kedermawanan.” (Sir 3:30) "Hendaklah kamu murah hati, sama seperti Bapamu adalah murah hati. ... Berilah dan kamu akan diberi ... Sebab ukuran yang kamu pakai untuk mengukur, akan diukurkan kepadamu." (Lukas 6: 36-38) “Sebab penghakiman yang tak berbelas kasihan akan berlaku atas orang yang tidak berbelas kasihan.  ... Jika seorang saudara atau saudari tidak mempunyai pakaian dan kekurangan makanan sehari-hari, dan seorang dari antara kamu berkata: "Selamat jalan, kenakanlah kain panas dan makanlah sampai kenyang!", tetapi ia tidak memberikan kepadanya apa yang perlu bagi tubuhnya, apakah gunanya itu?  Demikian juga halnya dengan iman: Jika iman itu tidak disertai perbuatan, maka iman itu pada hakekatnya adalah mati.” (Yakobus 2:13-17)

Oleh karena itu, marilah kita memberikan sebanyak yang kita bisa dalam kasih. Tidak masalah apakah kita mampu memberi dalam jumlah besar atau sangat kecil; yang penting memberi. Tuhan mengetahui pikiran kita yang terdalam; Dia dapat menilai seberapa jauh kita dari barang-barang duniawi, dan jika Dia melihat bahwa kita siap untuk membaginya dengan rela kepada orang miskin yang malang demi Dia, Dia akan membalas kita suatu hari nanti. Tetapi jika kita serakah dan acuh tak acuh terhadap penderitaan orang lain, Dia akan menghukum kita untuk hukuman yang kekal.

Ada satu tindakan kasih yang bisa kita semua lakukan, bahkan jika kita miskin. Kita dapat berdoa bagi mereka yang tidak pernah berdoa, bagi para pendosa yang keras, bagi bidah, bagi mereka yang menganiaya Gereja, bagi Misi, bagi yang sakit dan sekarat, dan bagi jiwa-jiwa di Api Penyucian. Ini adalah sedekah spiritual yang kita semua mampu. Selain doa, ada semua karya belas kasih spiritual lainnya yang dapat dipilih.— 

 Antonio Bacci  (4 September 1885 – 20 Januari 1971) adalah seorang kardinal Gereja Katolik Roma asal Italia. Ia diangkat menjadi kardinal oleh Paus Yohanes XXIII.

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy