| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Meditasi Antonio Kardinal Bacci: Mengasihi Tuhan dan sesama dengan tulus


 
 
 Cara paling pasti untuk tidak pernah menyinggung Tuhan adalah dengan mengasihi Dia. Jika kita mengasihi Tuhan dengan tulus, mustahil bagi kita untuk menyinggung-Nya. “Kasih”, kata St Paulus, “adalah kegenapan hukum,” (Roma 13:10) dan kasih “adalah ikatan kesempurnaan.” (Kol. 3:14) Jika segala tindakan kita diilhami oleh kasih Allah, tidak peduli betapa remehnya tindakan tersebut, karena tindakan tersebut akan berkenan kepada-Nya dan akan mendatangkan pahala bagi diri kita sendiri. Maka tidak mungkin kita berbuat dosa.

Sebaliknya, jika sebagian besar tindakan kita ditentukan oleh keterikatan yang berlebihan pada makhluk dan diri kita sendiri, maka tindakan tersebut tentu tidak akan membawa kita kepada Tuhan. Hati kita membutuhkan kasih dan tidak bisa hidup tanpanya. Tapi siapa yang akan kita kasihi jika kita tidak mengasihi Tuhan, Siapakah Pencipta dan Penebus kita? Kita akan menemukan kasih sesaat dalam keindahan, dalam kebaikan, dan dalam kesenangan, tetapi kasih itu akan segera berlalu dan meninggalkan kita dengan hati yang kosong. Tuhan adalah kebaikan tertinggi kita dan hanya Dia yang dapat sepenuhnya memuaskan hati kita. Tetapi Dia ingin kita menjadi milik-Nya sepenuhnya.

Hati kita terlalu kecil untuk dibagi antara Tuhan dan ciptaan. Kita harus menjadi milik Tuhan sepenuhnya. Jika kita mengasihi-Nya dengan tulus, semua ciptaan akan membentuk sebuah tangga yang akan membantu kita untuk naik kepada-Nya. Marilah kita mengasihi Tuhan dan tetap bersatu dengan-Nya dalam segala tindakan kita. Maka dosa tidak akan pernah masuk ke dalam jiwa kita.

Cara lain untuk memastikan bahwa kita tidak akan pernah menyinggung Tuhan adalah dengan mengasihi sesama kita. “Kasih tidak berbuat jahat terhadap sesama manusia,” (Rm. 13:10) St. Paulus meyakinkan kita. Kita diberitahu bahwa ketika Rasul Yohanes sudah terlalu tua untuk dapat menyampaikan khotbah yang panjang dan harus digendong untuk berbicara kepada jemaatnya, ia terbiasa mengulangi pesan singkat yang sama: “Anak-anak kecil, kasihilah satu sama lain. ” Suatu hari umat beriman, yang sudah bosan mendengar kalimat yang sama, memintanya untuk mengatakan hal lain kepada mereka. “Tetapi ini adalah perintah Tuhan,” jawab St. Yohanes, “dan jika kamu menaatinya, itu sudah cukup.”

Jika kita mengasihi sesama kita seperti diri kita sendiri karena kasih Allah, kita tidak akan pernah berbuat dosa. Kita tidak akan pernah bersalah atas ketidakadilan, fitnah, atau ketidakpedulian terhadap kemalangan orang lain. Sebaliknya kita hendaknya bersikap baik hati, penuh kasih sayang, dan siap membantu sesama kita dalam kebutuhan rohani dan jasmani mereka. Marilah kita menguji diri kita sendiri sejauh mana kasih persaudaraan kita dan marilah kita bertekad untuk melihat pribadi Yesus Kristus dalam diri sesama kita.

Pertahanan ketiga terhadap dosa adalah semangat doa. Seseorang yang selalu dekat dengan Tuhan tidak dapat menyinggung perasaan-Nya. Semangat doa membuat manusia tetap berhubungan secara supranatural dengan Tuhan. Ibarat arus listrik, bila kontak terputus maka lampu padam. Jika kita ingin menerima terang dari Tuhan, kita harus tetap berhubungan dengan-Nya.

Kristus mengatakan kepada murid-murid-Nya bahwa “mereka harus selalu berdoa dan tidak putus asa,” (Lukas 18:1) dan St. Paulus menjelaskan bagaimana kita dapat selalu berdoa. “segala sesuatu yang kamu lakukan dengan perkataan atau perbuatan,” katanya, “lakukanlah semuanya itu dalam nama Tuhan Yesus,” (Kol. 3:17) Oleh karena itu, dalam pengertian ini, semua pekerjaan menjadi doa, dan karena kita terus berdoa, kita tidak dapat menyinggung perasaan Allah.—


 Antonio Bacci  (4 September 1885 – 20 Januari 1971) adalah seorang kardinal Gereja Katolik Roma asal Italia. Ia diangkat menjadi kardinal oleh Paus Yohanes XXIII.
 

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy