| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Meditasi Antonio Kardinal Bacci: Berjuang melawan kecenderungan berdosa


 
 
 Di awal Injilnya St. Yohanes berbicara tentang sifat kekal Anak Allah, Sabda yang melaluinya segala sesuatu diciptakan dan yang menjadi manusia untuk mencerahkan dan menebus dunia yang berkubang dalam ketidaktahuan dan dosa. Sayangnya, tambahnya, bukannya menyambut Dia, dunia malah menolak Dia, namun Dia melanjutkan dengan mengatakan bahwa “kepada semua orang yang menerima Dia, Dia memberikan kuasa untuk menjadi anak-anak Allah.” (Bdk. Yoh 1:1-12) Kata-kata ini merupakan rangkuman sejarah Kekristenan, dan tentu saja sejarah umat manusia, karena Yesus Kristus akan menjadi “tanda yang akan ditentang”. (Lukas 2:34) Di satu sisi selalu ada anak-anak dunia, mereka yang mengabaikan atau terang-terangan menentang Kristus; di sisi lain, anak-anak Tuhan, ribuan orang yang mengakui Kristus sebagai pengharapan keselamatan dan terang dunia, serta menyembah dan mengasihi Dia sebagai Tuhan.
 
Aku berada di pihak mana? Mungkin aku yakin bahwa aku tidak pernah menyerang atau menolak Kristus. Namun sebenarnya, aku melakukannya setiap kali aku melakukan dosa yang disengaja, karena aku mengutamakan keinginanku sendiri di atas kehendak-Nya. Kasih karunia Allah di dalam diri saya dilemahkan oleh dosa ringan, atau dilenyapkan sama sekali oleh dosa berat. Akibatnya, aku tidak lagi menjadi anak Tuhan, dan menjadi anak Iblis. Dengan kehilangan Yesus, aku kehilangan semua kebahagiaan sejati di dunia ini dan di akhirat.

Kita adalah, atau seharusnya menjadi, anak-anak Allah. Kita adalah anak angkat-Nya melalui rahmat yang memberi kita bagian dalam kehidupan ilahi-Nya. Ide ini bahkan terkandung dalam Perjanjian Lama. "Kamu adalah allah, dan anak-anak Yang Mahatinggi kamu sekalian.” (Mzm. 81:6) “Roh itu sendiri,” jelas St. Paulus, “memberikan kesaksian kepada roh kita bahwa kita adalah anak-anak Allah. Dan jika kita adalah anak, maka kita juga adalah ahli waris, maksudnya orang-orang yang berhak menerima janji-janji Allah, yang akan menerimanya bersama-sama dengan Kristus, yaitu jika kita menderita bersama-sama dengan Dia, supaya kita juga dipermuliakan bersama-sama dengan Dia.” (Rm. 8:16-17)

Dengan kata lain, kasih karunia Allah mengubah kita dan menjadikan kita anak angkat-Nya. Kehidupan supernatural dicangkokkan ke dalam jiwa, melahirkan manusia baru yang mampu melakukan tindakan yang pantas mendapatkan pahala abadi. Kita tidak boleh membiarkan pohon tua itu, dengan cabang-cabangnya yang mati dan buahnya yang mandul, tumbuh kembali di dalam diri kita; orang tua dengan cacat dan kecenderungan jahatnya harus tetap mati.

Jika Roh Allah padam di dalam kita, kita tidak akan lagi menjadi ahli waris-Nya dan sesama ahli waris bersama Kristus. Kita tidak akan mampu melakukan hal baik apa pun dan akan ditakdirkan pada kutukan abadi.

Jika kita ingin meningkatkan dalam diri kita kehidupan rahmat ilahi yang menjadikan kita anak-anak Allah, kita harus berjuang melawan kecenderungan berdosa kita dan memupuk berbagai kebajikan. Hidup kita harus merupakan pendakian terus menerus menuju kesempurnaan dan menuju Tuhan. Kita tidak boleh tersesat oleh daya tarik dunia yang berlalu-lalang. Kemuliaan dan kesuksesan duniawi bagaikan balon berwarna yang menyenangkan anak-anak saat mereka terbang ke langit, namun segera melayang kembali ke bumi setelah kehabisan udara.

Hanya melalui upaya kita untuk mencapai kesempurnaan Kristiani kita dapat menjadi anak-anak Allah yang sejati. Kemudian kita akan merasakan sedikit kebahagiaan di bumi dan bahagia selamanya di Surga.— 

 Antonio Bacci  (4 September 1885 – 20 Januari 1971) adalah seorang kardinal Gereja Katolik Roma asal Italia. Ia diangkat menjadi kardinal oleh Paus Yohanes XXIII.

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy