| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Orang Kudus hari ini: 12 Agustus 2023 St. Yohana Fransiska de Chantal

Public Domain
 
 
 Saudara dan saudari dalam Kristus, masing-masing dari kita dipanggil dan ditantang untuk mengikuti Tuhan dengan sepenuh hati, dan kita semua dipanggil untuk menjadi teladan, inspirasi dan panutan yang luar biasa bagi satu sama lain, dalam cara kita menjalani hidup kita, sehingga orang lain dapat melihat cahaya Tuhan dan mengetahui kebenaran-Nya, melalui setiap tindakan, perkataan dan perbuatan kita. Dan hari ini, kita semua harus diilhami oleh teladan-teladan besar yang diberikan kepada kita oleh para pendahulu suci kita, khususnya St. Yohana Fransiska de Chantal,  yang kita peringati pada hari ini. 
 
Peringatan St. Yohana Fransiska de Chantal telah berpindah berkali-kali dalam sejarah, dari 21 Agustus ke 12 Desember dan 18 Agustus.

 Biasanya ketika seorang santo/santa diperingati, hari itu tidak berubah. Biasanya tanggal yang dipilih adalah tanggal kematian orang kudus. Tetapi St Yohana Fransiska de Chantal, seorang biarawati religius suci abad ke-17 dan sahabat St Fransiskus de Sales, telah mengalami beberapa perubahan pada hari perayaannya.

Pertama-tama, dia meninggal pada tanggal 13 Desember 1641. Tanggal ini tidak dapat dipilih karena St. Lusia, yang peringatannya jatuh pada tanggal 13 Desember dan telah ada di kalender selama berabad-abad. Awalnya Gereja memilih 21 Agustus sebagai hari peringatannya, memilih hari yang bebas dan tidak ada orang kudus utama lainnya yang diperingati pada hari itu. Keputusan ini berlangsung hingga tahun 1969, kemudian dipindahkan ke tanggal 12 Desember, agar lebih dekat dengan tanggal kematiannya.

Namun, pada tahun 1999 St. Yohanes Paulus II mendeklarasikan tanggal 12 Desember sebagai Peringatan Bunda Maria dari Guadalupe, yang jelas-jelas “mencoret” kalender St. Yohana Fransiska de Chantal. Gereja kemudian melihat ke bulan Agustus, tetapi St. Pius X sekarang tanggal 21 Agustus ketika kalender direvisi. Gereja kemudian memutuskan untuk memindahkannya ke Kalender Umum menjadi 12 Agustus.

St. Yohana Fransiska de Chantal dilahirkan dalam keluarga bangsawan di tempat yang sekarang disebut Prancis, dan merupakan seorang wanita dengan kedudukan dan reputasi tinggi, yang menikah dengan bangsawan lain, Baron de Chantal yang terbunuh sejak awal, yang meninggalkan St. Yohana Fransiska de Chantal sebagai seorang janda di usia muda dengan beberapa anak.

St. Yohana Fransiska de Chantal merawat keluarganya dengan baik, sementara pada saat yang sama mendirikan ordo baru untuk perempuan yang telah ditolak karena kesehatan mereka yang buruk atau karena usia lanjut oleh ordo religius. Kesucian dan teladan agung yang ditunjukkan oleh St. Yohana Fransiska de Chantal yang membaktikan dirinya untuk pekerjaan Tuhan, mengilhami banyak orang untuk mengikuti dia dan teladan baiknya, dalam melayani Tuhan dan dalam melakukan perintah dan Hukum-Nya. Banyak yang diyakinkan untuk menjadi pengikut Kristus, dan banyak yang masih datang untuk bergabung dengan ordo yang telah didirikan oleh St. Yohana Fransiska de Chantal, dan melakukan begitu banyak hal yang luar biasa kepada umat Allah. Dia juga menunjukkan kepada kita semua apa artinya setia sebagai orang Katolik, dalam melakukan kehendak Tuhan setiap saat, dan dalam mengikuti perintah dan Hukum Tuhan, menjalani kehidupan yang benar-benar kudus dan layak bagi Tuhan.

Biasanya hari peringatan santo/santa mudah diingat dan tetap pada hari yang sama, tetapi untuk St. Yohana Fransiska de Chantal, Gereja ingin merayakan hidupnya, tetapi tidak dapat menemukan tanggal yang baik untuk menetapkannya. Menariknya, banyak orang memanggilnya sebagai santa pelindung orang-orang yang terlupakan!

Semoga Tuhan terus memberkati dan membimbing kita semua seperti yang selalu Dia lakukan, selama ini. Semoga Tuhan selalu menyertai kita dan semoga Dia memberdayakan dan membantu kita masing-masing dalam perjalanan iman dan hidup kita, sekarang dan selamanya. Amin.

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy