| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Orang Kudus hari ini: 07 Agustus 2023 Paus St. Sixtus II dan St. Kayetanus

 Jim Forest CC

 
 
 Hari ini Gereja memperingati Paus St. Sixtus II dan St. Kayetanus, Imam, yang hidup dan tindakannya mudah-mudahan dapat menginspirasi kita dalam hidup dan tindakan kita sendiri, agar kita selalu melakukan yang terbaik untuk menjalani hidup kita layak bagi Tuhan, dan bersyukur kepada-Nya untuk semua yang Dia selalu lakukan untuk kita. Hari ini, kita menghormati kenangan mulia Paus St. Sixtus II dan rekan-rekannya dalam kemartiran, yang menderita selama pencobaan dan kesulitan, kemartiran pada saat penganiayaan terhadap umat Kristiani oleh Kaisar Romawi Valerian, ketika banyak yang menderita dan menjadi martir untuk iman mereka kepada Tuhan, dan kemudian juga St. Kayetanus, seorang imam suci dan abdi Allah, yang dikenang karena dedikasi dan cintanya kepada Tuhan, dan karena mengilhami banyak orang untuk mengikuti jalan dan teladannya, dalam menjalani kehidupan yang benar-benar layak bagi Tuhan, baik dan benar dalam segala hal.

Paus St. Sixtus II adalah pemimpin Gereja Katolik pada masa sulit di pertengahan abad ketiga ketika terjadi peristiwa-peristiwa yang penuh gejolak, konflik di dunia dan juga perpecahan di antara umat beriman, karena berbagai ketidaksepakatan dan ajaran sesat yang tersebar luas pada masa itu. Menurut tradisi Apostolik, Paus St. Sixtus II mengabdikan hidup dan upayanya untuk mempersatukan kembali Gereja, dan memimpin umat beriman melalui tahun-tahun yang sulit dan bergejolak itu, dan membawa kembali banyak orang yang tersesat ke Gereja Bunda Suci. Dia dan banyak orang lainnya, termasuk santo/santa lainnya, St Laurensius dari Roma, menjadi martir selama penganiayaan terhadap orang Kristen pada masa pemerintahan Kaisar Romawi Valerian, setia sampai akhir. Sementara itu, St Kayetanus berprofesi sebagai pengacara dan diplomat pada tahun-tahun awalnya, dan kemudian menjadi seorang imam, mengabdikan dirinya untuk menyembuhkan orang sakit, terutama berfokus pada penyembuhan spiritual bagi mereka yang telah terpisah dari Tuhan dan kasih-Nya.

St Kayetanus meletakkan dasar dan mendirikan Theatines, juga dikenal dengan nama resmi Kongregasi Klerus Reguler, bersama dengan Uskup Agung Giovanni Petro Carafa, yang pada akhirnya terpilih sebagai Paus dan pemimpin Gereja sebagai Paus Paulus IV. Dia juga berinteraksi dengan baik dengan orang-orang sezamannya seperti St. Hieronimus Emiliani, imam terkenal lainnya yang berdedikasi untuk kesejahteraan umat beriman dan mereka yang menderita, membantu yang terakhir dengan pendirian Kongregasi Panitera Reguler, atau Bapa Somaschan. Melalui semua karya dan dedikasinya, St. Kayetanus, seperti Paus St. Sixtus II dan rekan-rekannya, mereka semua menunjukkan kepada kita bagaimana kita semua harus menanggapi panggilan dan cinta Tuhan, yang selalu Dia tunjukkan dan curahkan kepada kita. Kita masing-masing hendaknya melakukan apa pun yang dapat kita lakukan agar kita dapat benar-benar setia dan layak bagi Tuhan.

Saudara dan saudari dalam Kristus, oleh karena itu marilah kita mengikatkan diri dengan semangat dan iman yang diperbarui kepada Tuhan, mengikuti teladan agung yang diberikan oleh Paus St. Sixtus II dan rekan-rekannya dalam kemartiran yang telah mengabdikan hidup dan pekerjaan mereka untuk kemuliaan Tuhan yang lebih besar. Semoga Tuhan menyertai kita semua, dan semoga Dia memberdayakan kita masing-masing sehingga kita dapat semakin dekat dengan-Nya dan kasih-Nya. Semoga Tuhan memberkati kita semua dan setiap niat dan usaha kita yang baik. Amin.

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy