| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Orang Kudus hari ini: 20 Agustus 2023 St. Bernardus dari Clairvaux, Abbas dan Pujangga Gereja


 
 
 Hari ini, kita merayakan bersama pesta St. Bernardus dari Clairvaux, seorang Abbas dan religius terkenal, seorang hamba Tuhan yang suci dan saleh. Ia lahir di dekat Dijon, Prancis, dan masuk biara Cistercian Citeaux pada tahun 1111. St Bernardus dari Clairvaux mendirikan ordo Cistercian setelah reformasi aturan dan tatanan monastik Benediktin. Dia dikenang karena kehidupannya yang saleh, dan komitmennya dalam memerangi ajaran sesat dan kepalsuan yang merajalela di Gereja dan di antara umat beriman pada saat itu.

Ada orang-orang tertentu di dalam Gereja yang ingin menggunakan iman untuk memajukan keinginan egois mereka sendiri, dan itulah sebagian mengapa ajaran sesat dan kepercayaan menyimpang itu berkembang biak. St Bernardus dari Clairvaux mendedikasikan seluruh hidupnya untuk Gereja, dan banyak jiwa telah diselamatkan dari jurang kejatuhan ke neraka karena dedikasi dan karyanya. Ia dikenang karena banyak karya teologis dan spiritualnya, terutama delapan puluh enam khotbahnya tentang Kidung Agung. St Bernardus dari Clairvaux meninggal pada tahun 1153 dan dikanonisasi pada tahun 1174. Ia dihormati sebagai Pujangga Gereja pada tahun 1830, ia dianugerahi gelar “Doktor Mellifluus” oleh Paus Pius XII yang menganggap ajarannya “lebih manis dari madu.”

Saudara-saudara dalam Kristus, mampukah kita menjalani kehidupan kita yang penuh dengan komitmen dan dedikasi mulai saat ini, untuk mengasihi Tuhan dengan segenap hati kita, dengan segenap akal budi kita, dan dengan segenap kekuatan dan daya kita, agar kita dapat pernah berusaha untuk menjadi layak bagi Allah? Dan marilah kita berusaha untuk tetap setia pada Perjanjian yang telah Dia buat dengan kita semua. Semoga Tuhan menyertai kita selalu, sekarang dan selamanya. Amin.

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy