| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Meditasi Antonio Kardinal Bacci: Iman dan Perbuatan


 
 
 Saat kita mendaraskan Doa Bapa Kami, kita berkata dengan keyakinan, "Jadilah kehendak-Mu di atas bumi seperti di dalam Surga." Ini tidak berarti, bagaimanapun, bahwa kita menolak dalam semangat fatalisme semua hak untuk bertindak dan berinisiatif di pihak kita.

“Iman,” kata St. Yakobus, “tidak disertai perbuatan, maka iman itu pada hakekatnya adalah mati.” (Yakobus 2:17) Hal yang sama berlaku untuk kasih (Yakobus 2: 13-17)
Iman dan kasih harus disertai dengan tindakan, yang harus selalu diilhami oleh kehidupan batin. Tetapi aktivitas eksternal kita tidak boleh dibiarkan memadamkan nyala api kehidupan ilahi di dalam diri kita. Jika ini terjadi, pekerjaan kita akan menjadi mandul dan tidak akan menerima berkat dari Tuhan.

Kita harus bekerja keras, tetapi harus selalu bertindak seolah-olah kematian bisa datang kapan saja. Dengan kata lain, kita tidak boleh sepenuhnya terserap dalam pekerjaan kita, tetapi harus mengingat cita-cita kemuliaan Allah, pengudusan kita sendiri, dan keselamatan sesama kita. Jika usaha kita tampaknya berhasil, kita harus berterima kasih kepada Tuhan. Tetapi jika semua pekerjaan kita tampak sia-sia, kita harus tetap bersyukur kepada-Nya, karena hal-hal seperti itu terjadi dengan izin Tuhan. Penyelenggaraan Ilahi sering memandu peristiwa dengan caranya sendiri untuk mempromosikan kemuliaan Tuhan dan untuk kebaikan kita yang lebih besar, yang dapat dicapai melalui penghinaan kita serta melalui kesuksesan kita.

Jika pandangan spiritual kita sesuai dengan prinsip-prinsip ini, kita akan dapat menjaga ketenangan pikiran kita, tidak peduli betapa sibuknya kita.

Ada banyak orang yang menyatakan bahwa mereka bekerja untuk Tuhan dan untuk jiwa-jiwa. Sebenarnya, mereka bekerja keras dan berkorban besar, tetapi pada tanda kegagalan pertama mereka kecewa dan putus asa. Kenapa ini? Itu karena mereka hanya percaya bahwa mereka bekerja untuk Tuhan dan untuk Gereja-Nya, sedangkan di dalam hati dan jiwa mereka lebih dipengaruhi oleh cinta diri dan keinginan untuk pujian dan persetujuan orang lain. Motif mereka bukannya tanpa pamrih, dan pengorbanan mereka tidak dilakukan sepenuhnya untuk Tuhan. Oleh karena itu mereka terganggu oleh visi sukses dalam istilah manusia dan gelisah pada prospek kegagalan.

Para Orang Kudus juga bekerja keras, tetapi mereka tidak pernah khawatir. Mereka selalu tenang, karena perhatian mereka terfokus pada Surga daripada diri mereka sendiri. Selama kita bekerja sepenuhnya untuk Tuhan dan menerima sebagai kehendak-Nya hasil dari upaya kita, semuanya akan berjalan baik bagi kita bahkan ketika tampaknya berjalan buruk.

Beberapa orang membayangkan bahwa mereka tidak bekerja dengan baik kecuali jika mereka mengkhawatirkan dan meresahkan serta menarik perhatian orang lain. Pendekatan semacam ini menghasilkan lebih banyak agitasi daripada tindakan. Orang-orang ini bekerja lebih untuk kemuliaan duniawi daripada kemuliaan Tuhan, dan upaya terbaik mereka dirusak oleh cinta diri. “Mereka telah menerima upahnya,” (Mat. 6:2-5) dan mereka tidak dapat berharap untuk mendapat upah di kehidupan berikutnya.

Kita harus membidik kemurnian niat yang akan mengilhami kita untuk melakukan segalanya demi cinta Tuhan. Kita harus ingat bahwa tindakan kasih karunia internal adalah yang paling penting dalam kehidupan seorang Kristen. Jika itu kurang, semua aktivitas lahiriah kita tidak berharga di hadapan Allah.— 



 Antonio Bacci  (4 September 1885 – 20 Januari 1971) adalah seorang kardinal Gereja Katolik Roma asal Italia. Ia diangkat menjadi kardinal oleh Paus Yohanes XXIII.

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy