| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Meditasi Antonio Kardinal Bacci: Penyelenggaraan Ilahi


 
 
 Kitab Kebijaksanaan berbicara kepada kita tentang Penyelenggaraan Ilahi. “tetapi yang mengemudikan ialah pemerintahan-Mu, ya Bapa,…" (Kebijaksanaan 14:3)  Engkau mengasihi segala yang ada, dan Engkau tidak benci kepada barang apapun yang telah Kaubuat. Sebab andaikata sesuatu Kaubenci, niscaya tidak Kauciptakan. (Kebijaksanaan 11:24). Memang baik kita sendiri maupun perkataan kita, lagipula pengertian dan segenap kepandaian ada di tangan Allah.” (Kebijaksanaan 7:16). Kebijaksanaan “Dengan kuat ia meluas dari ujung yang satu ke ujung yang lain, dan halus memerintah segala sesuatu.” (Kebijaksanaan 8:1) Tuhan dari semua tidak memandang bulu… karena Dia sendiri yang menjadikan yang besar maupun yang kecil, dan Dia menyediakan bagi semuanya. (Bdk Kebijaksanaan 6:8) Engkau mengatur segala sesuatu menurut ukuran dan jumlah dan berat.” (Bdk Kebijaksanaan 11:21)

Kita hanya perlu melihat sekeliling kita dan memikirkan diri kita sendiri untuk memahami kebenaran kata-kata dari Kitab Suci ini. Kita hanya perlu mempertimbangkan beberapa unsur luar biasa di alam semesta – matahari yang terbit dan terbenam dengan keteraturan yang begitu sempurna dan berjuta bintang, gugusan planet dan tata surya, yang membentang di ruang angkasa yang luas. Lalu ada objek ciptaan yang lebih kecil yang tetap menyatakan keagungan Penyelenggaraan Ilahi – mulai dari serangga kecil yang tak terlihat, masing-masing dengan keberadaannya sendiri-sendiri, hingga bunga-bunga yang mendapatkan makanannya dari bumi dan burung-burung yang diperlukan makanannya disediakan Tuhan untuk semua itu.

Terakhir, ada tubuh manusia, mahakarya harmoni itu. Mata, telinga, dan organ tubuh lainnya memperlihatkan dengan cara yang menakjubkan hikmat Penciptanya. Jiwa, juga, adalah gambar Allah yang hidup. Ia melampaui batas ruang dan waktu dengan kecepatan pemikirannya, terus-menerus menemukan rahasia baru alam semesta melalui kekuatan intelektualnya, dan mampu berkeinginan, memerintah dan mencintai.

Ketika dihadapkan dengan begitu banyak keteraturan dan keindahan dan kebaikan, kita hanya bisa bersujud dan menyembah Penyelenggaraan Tuhan.

Bagaimana kita bisa mendamaikan konsep Penyelenggaraan Ilahi ini dengan kebingungan dan ketidakadilan yang juga ada di dunia? Mengapa Tuhan kadang-kadang membiarkan yang jahat menjadi makmur dan yang baik ditindas? Mengapa Dia tidak menghancurkan kedurhakaan begitu ia mengangkat kepalanya, sebaliknya membiarkan orang jahat menikmati kesenangan dunia ini sementara orang baik menderita?

Rancangan Tuhan memang tersembunyi dan misterius, namun yang pasti Dia mengatur segalanya dengan adil dan untuk yang terbaik. Tuhan tidak pernah terburu-buru, karena Dia merenungkan semua makhluk dan peristiwa dalam terang keabadian. Iblis mungkin terburu-buru, “karena ia tahu bahwa waktunya sudah singkat,” (Wahyu 12:12) tetapi Tuhan adalah penguasa waktu.

Tuhan menunggu manusia di ambang terakhir kehidupan untuk melakukan keadilan bagi mereka semua. Kesabaran dan kemurahan-Nya bertahan sampai saat kematian terakhir, karena Dia telah berkata: "Aku tidak berkenan kepada kematian orang fasik, melainkan Aku berkenan kepada pertobatan orang fasik itu dari kelakuannya supaya ia hidup." (Bdk. Yeh. 33:11) Inilah misteri kemurahan Allah.

St Agustinus menawarkan penjelasan lain mengapa orang jahat sering terlihat bahagia dan menang di dunia ini. Sarannya cukup menakutkan. Bahkan pria terburuk pun, katanya, melakukan sejumlah kebaikan selama hidup. Namun demikian, jika mereka mati tanpa penyesalan, mereka akan dihukum selama-lamanya. Oleh karena itu keadilan Allah memberi mereka upah kecil dalam hidup ini untuk setiap kebaikan yang mungkin telah mereka capai.

Betapa bodohnya bagi orang berdosa untuk bersuka ria dan tenggelam dalam kepuasan diri. Untuk semua yang dia tahu, dia mungkin sudah ditinggalkan oleh Tuhan karena ukuran belas kasihan Tuhan kepadanya telah habis.

Mereka yang menjalani kehidupan yang baik mungkin harus menanggung banyak hal, tetapi “berbahagialah mereka yang menderita penganiayaan demi keadilan, karena kerajaan surga adalah milik mereka.” (Bdk. Mat 5:10)

Bahkan dalam tatanan moral, Penyelenggaraan Ilahi menonjol dengan cukup jelas, sangat baik bagi yang adil dan berbelas kasih kepada orang berdosa, tetapi sangat mengutuk semua keberdosaan. Marilah kita merenungkan keajaiban Takdir dan mengatur hidup kita sesuai dengan rancangan-Nya.—
 
 
 Antonio Bacci  (4 September 1885 – 20 Januari 1971) adalah seorang kardinal Gereja Katolik Roma asal Italia. Ia diangkat menjadi kardinal oleh Paus Yohanes XXIII.

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy