| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Orang Kudus hari ini: 09 Agustus 2023 St. Teresa Benedikta dari Salib

Teresa Benedikta dari Salib (Edith Stein), foto tahun 1938-1939./ Public Domain.
 
 Hari ini, Gereja memperingati St. Teresia Benedikta dari Salib, juga lebih dikenal dengan namanya Edith Stein. Dia dilahirkan dalam keluarga Yahudi yang religius di Eropa, di beberapa bagian yang sekarang disebut Polandia. Dia menjadi seorang agnostik di kemudian hari, dan selama studinya dan mengejar karir akademiknya, dia berkenalan dengan kisah dan kehidupan St. Theresia dari Avila, seorang santa dan pembaharu Karmelit yang hebat, yang membimbingnya untuk mengikuti Tuhan dan untuk dibaptis sebagai seorang Katolik. Dia ingin mengikuti jejak santo pelindungnya, dan menjadi anggota Karmelit Tak Berkasut, tetapi pada awalnya dibujuk untuk melakukannya. Sebaliknya, dia menjadi anggota tersier Ordo, mengabdikan dirinya pada kehidupan doa dan pelayanan kepada orang-orang di sekitarnya dan komunitas umat berimannya.

Saat itu, pada saat itu, masalah dan konflik besar terjadi di seluruh Eropa selama kebangkitan dan hegemoni kekuasaan NAZI di Jerman, yang menyaksikan upaya Adolf Hitler dan partai serta pendukungnya untuk menghancurkan dan membasmi orang-orang Yahudi di seluruh wilayah kekuasaan mereka. St Edith Stein, sebagai seorang Yahudi yang beralih ke iman Katolik, adalah salah satu dari banyak orang yang dianggap oleh rezim jahat NAZI sebagai orang yang tidak diinginkan dan harus dimusnahkan, oleh ideologi mereka yang memperjuangkan supremasi latar belakang ras mereka sendiri. Dia dan para biarawati lainnya dikirim ke Belanda untuk membantu melindungi mereka dari upaya NAZI untuk menghancurkan orang-orang Yahudi, tetapi akhirnya St. Edith Stein ditangkap bersama banyak orang Katolik Yahudi lainnya, dikirim ke kamp konsentrasi Auschwitz yang terkenal dan menjadi martir dimana dia dibunuh di kamar gas pada tanggal 9 Agustus.
 

 


Saudara dan saudari dalam Kristus, melalui teladan St Teresia Benedikta dari Salib, St Edith Stein, kita semua dapat melihat bagaimana Allah memanggil semua umat-Nya untuk kekudusan dan kebesaran, dan bagaimana setiap orang yang memiliki iman kepada-Nya akan diberkati dan dihormati oleh Tuhan. Mereka yang berpikir bahwa mereka lebih baik dari orang lain hanya karena latar belakang ras mereka atau karena kriteria dan parameter tertentu, kemungkinan besar akan tersandung dan goyah karena mereka menaruh kepercayaan pada rasa superioritas dan kekuasaan mereka sendiri, dan bukan pada iman mereka kepada Tuhan. Inilah sebabnya kita harus belajar untuk lebih percaya kepada Tuhan dan menolak godaan kesombongan duniawi, ambisi dan ego kita, yang dapat dengan mudah membawa kita pada kejatuhan kita. Kita harus belajar untuk mengasihi satu sama lain dengan setara, dan tidak dibutakan oleh bias dan prasangka, dan melakukan apa yang kita bisa untuk mengasihi Tuhan Allah kita, pertama dan terutama di atas segalanya.

Semoga Tuhan selalu menyertai kita, dan semoga Dia memperkuat iman dan kepercayaan kita kepada-Nya, agar kita tidak mudah jatuh ke dalam keraguan dan ketakutan, atau ketidakpastian dan godaan. Amin.

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy