| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Meditasi Antonio Kardinal Bacci: Peduli Sesama


 
 
 Ada kontras yang mencolok antara kehidupan mewah orang-orang kaya yang menghambur-hamburkan uang mereka untuk kesenangan-kesenangan dan kemiskinan yang hina dari mereka yang tidak memiliki makanan, pakaian, dan tempat tinggal. Hal ini sangat bertentangan dengan pesan Injil yang menyatakan bahwa kita semua bersaudara.

Pemborosan selalu berpusat pada diri sendiri, sedangkan Kekristenan adalah kredo kasih. Hidup mewah tidak dapat dibenarkan dengan seruan pada hak untuk memiliki milik pribadi, karena itu adalah pengkhianatan yang tidak tahu malu terhadap semangat kasih persaudaraan Injil. Ketika St Thomas membela hak atas milik pribadi, ia segera menambahkan: "Namun, sehubungan dengan penggunaannya, seseorang tidak boleh menganggap barang-barang material sebagai miliknya sepenuhnya, tetapi ... mereka harus siap untuk berbagi dengan orang lain dalam kebutuhan mereka." (Summa, II-II, q.66, a.2.) Jika prinsip-prinsip yang diilhami Injil itu dipraktikkan, tidak akan ada kekayaan yang berlebihan atau kemiskinan yang berlebihan di dunia saat ini.

Kemiskinan itu baik karena membuat kita terlepas dari hal-hal duniawi dan membantu kita untuk lebih memikirkan kehidupan selanjutnya. Tetapi kemelaratan benar-benar kejahatan sosial, karena itu adalah hasil dari egoisme manusia dan dapat melahirkan kebencian dan kemerosotan spiritual.

"Kemiskinan,"
tulis Péguy, "adalah baik. Ia tidak berpakaian compang-camping... Tempat tinggalnya rapi, sehat, dan memberi sambutan. Ia dapat mengganti linen seminggu sekali. Ia tidak kurus atau lapar. .. Tidak baik bagi siapa pun untuk hidup dalam keadaan mudah; sebaliknya, jauh lebih baik selalu merasakan dorongan kebutuhan ... " (La guerre et la paix, p. 338)

Dalam pengertian inilah Yesus memberkati yang miskin dan mengutuk yang kaya. Dia mengacu pada orang miskin yang memiliki cukup untuk memenuhi kebutuhannya, terlepas dari harta duniawi, menggunakan kemiskinannya untuk membantunya dalam perjalanannya menuju Surga, dan bahagia atau setidaknya puas. Tetapi Dia mengutuk orang kaya yang menyia-nyiakan kekayaannya untuk kesenangan diri sendiri dan tuli terhadap permohonan mereka yang membutuhkan.

Setelah dua puluh abad kekristenan, kontras kekerasan masih ada dalam masyarakat modern.

Kita harus menghadapi kenyataan yang tidak menguntungkan ini. Separuh dunia hidup dalam kemewahan sementara separuh lainnya hidup dalam kemelaratan. Lebih buruk lagi, baik kebodohan dan kesombongan orang kaya maupun kemerosotan dan kehinaan orang miskin memadamkan cahaya Injil dan menenggelamkan suara hati nurani.

Siapa yang salah? Kita semua harus ikut disalahkan, karena tidak ada seorang pun yang pernah sepenuhnya menerapkan ajaran Injil, yang hanya berisi solusi lengkap untuk masalah umat manusia. Banyak kekurangan dan kesengsaraan akan hilang jika semua orang yang hartanya melebihi apa yang mereka butuhkan untuk diri mereka sendiri ingat bahwa mereka wajib mengasihi sesamanya seperti diri mereka sendiri. Mereka kemudian akan memperhatikan aturan: “berikanlah isinya sebagai sedekah.” (Lukas 11:41) Kita semua harus memeriksa diri kita sendiri dalam hal ini, karena kita semua dapat melakukan jauh lebih banyak untuk membantu orang yang membutuhkan, sayangnya, yang tidak kita kasihi, seperti kita mengasihi diri kita sendiri.

Dalam hal ini seperti dalam hal lainnya, kita memiliki banyak hal untuk dipelajari dari para Orang Kudus. Mereka tidak hanya memberikan kepada orang miskin apa pun yang tidak berguna bagi diri mereka sendiri, tetapi mereka bahkan kekurangan kebutuhan hidup mereka sendiri karena mereka melihat dalam sesama mereka yang melarat pribadi Yesus Kristus. Mereka sangat mencintai sesamanya seperti diri mereka sendiri, dan lebih dari diri mereka sendiri, sebenarnya demi cinta Tuhan. Untuk alasan ini mereka senang memberi pakaian kepada yang telanjang dan memberi makan yang lapar kapan pun mereka mampu melakukannya.

Kita mungkin tidak mampu melakukan hal yang persis sama karena kita belum mencapai tingkat kesempurnaan yang sama. Tetapi kita harus ingat bahwa aturan untuk “memberikan apa yang tersisa sebagai sedekah” juga berlaku bagi kita. Jika ada seseorang yang sangat membutuhkan yang dapat kita bantu, kita wajib melakukannya atas perintah Injil. Itu adalah Injil yang sama yang memperingatkan kita bahwa jika kita gagal melakukannya, Hakim Ilahi suatu hari akan menghukum kita.— 


 Antonio Bacci  (4 September 1885 – 20 Januari 1971) adalah seorang kardinal Gereja Katolik Roma asal Italia. Ia diangkat menjadi kardinal oleh Paus Yohanes XXIII.

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy