| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Meditasi Antonio Kardinal Bacci: Mengarahkan hidup pada nilai-nilai abadi


Russ Allison Loar (CC BY-NC-ND 2.0)

 
 
 “Hidup,” kata penyair Tommaseo, “hanyalah kenangan, harapan, dan momen yang berlalu.”

Betapa benarnya ini. Kehidupan yang begitu menyibukkan kita ini hanyalah titik waktu yang terus berlalu dan menjauh dari kita. Kita hidup dengan ingatan dan harapan, tetapi pada kenyataannya hidup kita tidak lebih dari periode waktu yang sulit dipahami yang mengalir ke lautan keabadian.

Kemarin kita tidak ada, dan besok kita tidak ada lagi. Kemarin Tuhan memanggil kita dari ketiadaan, dan besok Dia akan memanggil kita dari keberadaan yang fana ini untuk menghadiahi atau menghukum kita dalam kekekalan. Ini adalah misteri besar kehidupan yang sangat bergantung pada momen waktu yang menghilang.

Kita memiliki dua alternatif. Kita dapat mengarahkan jalan hidup kita menuju Tuhan, dalam hal ini suatu hari kita akan bahagia bersama-Nya selamanya. Atau kita dapat melakukan perjalanan ke arah yang berlawanan dalam mengejar kepuasan indra dan kesuksesan duniawi sementara, dalam hal ini suatu hari kita akan ditolak oleh Tuhan dan akan ditakdirkan untuk ketidakbahagiaan abadi.

Mari kita renungkan pentingnya pilihan kita.

Kita tahu bahwa masa lalu tidak akan pernah bisa kembali dan masa depan sangat tidak pasti sehingga mungkin tidak ada bagi kita. Kita menyadari bahwa hidup kita tidak lebih dari momen yang berlalu. Jika kita merenungkan kebenaran ini, bagaimana kita bisa terikat pada objek duniawi? Bahkan jika kita dapat mencapai objek yang kita inginkan, mereka akan segera direnggut dari kita.

Mari kita arahkan pada nilai-nilai abadi yang tidak akan berlalu, yang dapat tetap bersama kita selama hidup, menghibur kita saat kematian, dan menemani kita menuju keabadian. Kita tahu apa nilai-nilai substansial ini - kekudusan, kasih karunia Allah, penaklukan selera kita, dan kenikmatan akhir dari Allah di Surga.

Hal-hal ini tidak akan berlalu, tetapi akan tetap bersama kita selamanya.

Refleksi ini mengungkapkan kepada kita kefanaan hidup ini dan membuat kesedihan dan kesulitan tampak lebih mudah untuk ditanggung, dan bahkan diterima jika kita tahu bagaimana mempersembahkannya kepada Tuhan. Perbedaan apa yang akan dibuat oleh penderitaan dari kehidupan lampau?

Apa yang akan tersisa besok dari pencobaan yang kita temui hari ini? Hanya kenangan yang menghibur, selama kita telah mempersembahkannya kepada Tuhan. Mari kita periksa semua kasih sayang, keinginan dan penderitaan kita dalam terang keabadian. Dilihat dari hubungan itu, mereka semua bisa menjadi sumber penyucian diri.—
 
 Antonio Bacci  (4 September 1885 – 20 Januari 1971) adalah seorang kardinal Gereja Katolik Roma asal Italia. Ia diangkat menjadi kardinal oleh Paus Yohanes XXIII.
 

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy