| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Orang Kudus hari ini: 11 Agustus 2023 St. Klara, Perawan

WELLCOMEIMAGES | CC
 
 
 Hari ini, Gereja memperingati St Klara dari Assisi, seorang kontemporer dan pengikut St Fransiskus dari Assisi. St Klara adalah penduduk asli Assisi yang terinspirasi oleh praktik saleh keluarganya dan komitmennya kepada Tuhan, yang membuat St Klara dan saudara-saudaranya memiliki komitmen yang mendalam kepada Tuhan sejak masa muda mereka. St Klara menolak untuk menikah dengan pemuda yang diusulkan oleh keluarganya di kemudian hari, dan memilih untuk menyerahkan dirinya sepenuhnya kepada Tuhan dengan bergabung dalam kehidupan dan misi St Fransiskus dari Assisi, mengumpulkan orang-orang yang berpikiran sama, yang kemudian dikenal sebagai Ordo Santa Klara (Ordo sanctae Clarae), mengumpulkan semua perempuan yang tertarik dengan karisma dan kehidupan para Fransiskan yang dilembagakan oleh St. Fransiskus dari Assisi, dengan St. Klara sendiri sebagai pendirinya.

St Klara sendiri tinggal di biara biarawati Benediktin untuk sementara waktu, menjalani kehidupan yang penuh doa dan saleh, dan akhirnya hidup bersama dengan ordo para suster religiusnya, Ordo Santa Klara, di mana dia akhirnya menjadi Kepala Biara dari komunitas para suster San Damiano. Dia tetap dalam gaya hidup pertapa dan suci, merawat kebutuhan orang-orang di komunitasnya dan dengan penuh kasih menjangkau mereka yang membutuhkan di masyarakat. Dalam keajaiban yang terkenal dan didokumentasikan di kemudian hari dalam hidupnya, St. Klara terkenal karena pembelaannya yang ajaib terhadap biaranya dari serangan amukan tentara Kaisar Romawi Suci yang kemudian menyerang wilayah tempat biaranya berada. St Klara tetap tabah dan percaya kepada Tuhan meskipun para prajurit mendekat, dan mempercayakan dirinya sepenuhnya kepada Tuhan dalam Sakramen Mahakudus, saat dia mengangkat monstran yang secara ajaib bersinar dengan cahaya besar dan menyilaukan yang menakutkan musuh yang menyerang, yang kemudian pergi dan biara serta kota tidak terganggu.

Saudara dan saudari dalam Kristus, oleh karena itu marilah kita semua memperbaharui diri kita kepada Tuhan dengan cara yang telah dilakukan oleh para pendahulu suci kita, terutama dalam iman dan pengabdian yang telah ditunjukkan St Klara kepada kita. Marilah kita semua mengingat cinta luar biasa yang Tuhan miliki bagi kita, dan dedikasi yang telah Dia tunjukkan kepada kita, dan yang telah direfleksikan oleh St. Klara dan banyak orang kudus lainnya dalam kehidupan dan tindakan mereka sendiri. Semoga kita semua menjadi mercusuar terang keselamatan Kristus dan kasih karunia Allah. Amin.

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy