| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Orang Kudus Hari Ini: 04 Agustus 2023 St. Yohanes Maria Vianney

Sharon Mollerus CC

 
 Hari ini, Gereja memperingati St. Yohanes Maria Vianney,  seorang pastor paroki sederhana dari desa atau kota Ars di bagian selatan yang sekarang disebut Prancis. St Yohanes Maria Vianney dilahirkan dalam keluarga yang sederhana, saleh dan setia di mana ia tumbuh dalam iman dan pengabdian kepada Tuhan, dan tumbuh untuk mencintai Tuhan dalam Sakramen Mahakudus, yang secara bertahap membuatnya menyadari panggilan untuk menjadi seorang pendeta. Oleh karena itu, ia memulai pendidikannya dengan niat menjadi seorang imam dan menjawab panggilannya. Dia tidak memiliki waktu yang mudah dengan semua persiapan karena dia bergumul dengan semua persyaratan akademik dan terutama dengan pembelajaran bahasa Latin, bahasa resmi dan liturgi Gereja. Sementara dia gagal berulang kali, tekad dan keinginannya untuk melayani Tuhan sebagai seorang imam yang membuatnya terus maju dan dia akhirnya berhasil melakukannya setelah menghadapi banyak tantangan, termasuk gangguan akibat perang Napoleon yang terjadi pada saat itu.

St Yohanes Maria Vianney ditugaskan ke sebuah gereja paroki kecil di kota kecil Ars, jauh dari gereja-gereja besar dan paroki-paroki, lembaga-lembaga keagamaan besar di mana para imam yang berambisi berusaha masuk ke masa itu. Namun, St Yohanes Maria Vianney berada di imamat bukan untuk kemuliaan atau prestasi, ambisi atau ketenaran duniawi. Sebaliknya, cintanya yang sangat kuat kepada Tuhan dan cintanya kepada sesama saudara dan saudari, yang telah dipercayakan dalam pemeliharaannya yang membawanya ke kehidupan yang sangat dalam dan penuh komitmen sebagai seorang pastor paroki, yang segera mulai memberinya gelar ketenaran sebagai abdi Allah yang benar-benar suci dan saleh. Dia menghabiskan berjam-jam di kamar pengakuan, menunggu banyak orang, yang terus bertambah banyak, untuk mengakui dosa-dosa mereka dan meminta bimbingan dalam hidup, sama seperti dia dengan sabar membantu membimbing orang-orang kembali kepada Tuhan, dalam kesabarannya, khotbah dan homili yang penuh belas kasih namun tegas dan gigih, yang dimaksudkan untuk membantu orang-orang melawan ketidakpedulian terhadap Gereja dan iman.

Semakin banyak orang yang mengenal orang suci dan imam Ars ini, dan ribuan orang datang berduyun-duyun ke kota kecil itu sebagai peziarah dan pendosa yang mencari pengampunan dan belas kasihan Tuhan. Kisah-kisah ajaib, cerita dan peristiwa datang berbondong-bondong karena banyak yang menceritakan bagaimana mereka menerima rahmat besar dari Tuhan melalui kata-kata dan tindakan St. Yohanes Maria Vianney, dan bagaimana dalam satu kasus, diceritakan bahwa St. Yohanes Maria Vianney bahkan dapat berkomunikasi dengan penderitaan. jiwa di api penyucian, dan meminta yang hidup untuk berdoa bagi mereka. Sepanjang hidupnya, St Yohanes Maria Vianney telah melakukan banyak karya besar dan luar biasa, yang dengannya dia telah membawa banyak jiwa kembali kepada Tuhan dan keselamatan-Nya. Dia telah mengilhami banyak generasi para imam dan umat beriman lainnya, dalam komitmen mereka yang diperbarui untuk melayani dan mengikuti Tuhan dalam kehidupan dan pekerjaan mereka. St Yohanes Vianney mungkin dilahirkan dalam keluarga sederhana dan memiliki kehidupan dan pekerjaan yang sederhana dan sederhana, tetapi dalam cintanya kepada Tuhan dan dalam komitmennya, upaya dan dedikasinya yang besar, dia telah menjadi inspirasi dan panutan yang hebat bagi banyak orang yang lain.

Sekarang, pertanyaannya adalah apakah kita mau dan mampu mengikuti teladan besar yang ditunjukkan oleh St. Yohanes Vianney dan banyak orang kudus lainnya yang telah mendahului kita, dan yang telah menunjukkan kepada kita bagaimana seharusnya kita semua menjalani hidup kita di hadapan Tuhan? Apakah kita mampu berpaling dari kerusakan kemelekatan duniawi dan keserakahan, keinginan dan kemuliaan, dan mengembalikan fokus dan perhatian kita kembali kepada Tuhan? Apakah kita mampu menyerahkan diri kita dengan lebih sepenuh hati kepada Tuhan dan mengembangkan hubungan yang lebih baik dengan-Nya? Semoga Tuhan terus menolong dan menguatkan kita di jalan kita, dan semoga Dia selalu menguatkan dan menyemangati kita agar kita dapat terus berjuang menjalani hidup kita sebagai umat Kristiani yang setia dan saleh, sebagai umat yang dikasihi dan kudus oleh Tuhan. Amin.

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy