| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Orang Kudus hari ini: 21 Agustus 2023 Paus St. Pius X

 
Sirilusmaxii CC

 
 Hari ini, Gereja memperingati Paus St. Pius X, yang hidupnya diharapkan dapat menjadi sumber inspirasi dan kekuatan bagi kita masing-masing dalam bagaimana kita seharusnya menjalani hidup kita dengan iman dan komitmen kepada Allah. Paus St. Pius X, salah satu seorang hamba Tuhan yang benar-benar hebat dan berbakti, yang telah mendedikasikan hidup, pelayanan dan karya sepanjang hidupnya untuk kemuliaan Tuhan yang lebih besar dan untuk kesejahteraan umat Tuhan. .Dia menunjukkan kepada banyak dari kita apa artinya memiliki komitmen dan cinta yang kuat kepada Tuhan, dan juga keinginan untuk membawa Tuhan lebih dekat kepada kita masing-masing, dan sebagai gembala dan pemimpin Gereja, Paus St. Pius X telah melakukan yang terbaik. luar biasa dalam memenuhi panggilan dan misinya, dalam memimpin Gereja dalam perjalanan menuju hubungan yang lebih besar dan dalam menjadi lebih selaras dengan Tuhan, hukum-Nya, perintah-perintah dan kehendak-Nya.

Paus St. Pius X lahir sebagai Giuseppe Melchiorre Sarto di Riese, di tempat yang sekarang menjadi bagian utara Italia, sebagai salah satu dari banyak anak dari keluarga miskin Italia, dengan ayahnya bekerja sebagai tukang pos desa sementara ibunya adalah seorang ibu rumah tangga. Orang tuanya memiliki pengaruh besar pada kehidupan muda Giuseppe Sarto, karena mereka menghargai pendidikan dan pengasuhan yang layak untuk anak-anak mereka, meskipun mereka miskin dan melarat. Ini akan berdampak besar pada Paus St. Pius X di masa depan, bahwa meskipun dia naik dalam hierarki Gereja dan masyarakat, tetap rendah hati dan berdedikasi pada tujuan yang telah dia dedikasikan, dalam setia melayani dan memimpin umat Allah. Dia dibesarkan dalam kemiskinan, tetapi tetap berdedikasi untuk studi dan persiapannya, yang membuatnya akhirnya menyelesaikan studi akademisnya dengan sangat baik meskipun dia sering diejek dan dicela karena kemiskinannya.

Giuseppe Sarto akhirnya ditahbiskan sebagai imam dan terkenal karena kesuciannya yang agung, yang menginspirasi banyak orang melalui kehidupan dan teladannya. Dia mengabdikan hidupnya untuk misi dan pekerjaannya, dalam merawat orang dan orang sakit, dan dalam mengelola lembaga dan upaya Gereja melalui berbagai kapasitas yang telah dipercayakan kepadanya. Dia selalu menunjukkan kepedulian dan kepedulian demi umatnya, terutama mereka yang kurang mampu dan miskin, diingatkan bahwa dia sendiri dibesarkan dalam kemiskinan, dan dia berusaha keras untuk memastikan bahwa banyak pemuda dapat mengakses pendidikan dan hak istimewa lainnya sering ditolak oleh mereka. Dia akhirnya dipilih dan ditahbiskan sebagai uskup, untuk memimpin Keuskupan Mantua, di mana dia terus mengabdikan dirinya dengan penuh semangat untuk banyak misi dan pekerjaan yang membuatnya sangat terkenal.

Dia tetap berdedikasi kepada ibunya yang sudah lanjut usia juga, menunjukkan rasa hormatnya dan diketahui bahwa bahkan setelah dia diangkat menjadi Kardinal, dan kemudian sebagai Patriark Venesia, Kardinal Giuseppe Sarto saat itu mengunjungi ibunya, di tempat yang akan menjadi milik mereka. pertemuan terakhir, dan memberinya berkat. Dia kemudian merayakan pemakaman ibunya dan kemudian menjadi seorang Patriark dan gembala yang hebat, dan kemudian terpilih sebagai Paus dan penerus Santo Petrus Rasul sebagai Wakil Kristus, mengambil nama Pius, dan karenanya dia kemudian dikenal sebagai Paus Pius X, sekarang santo. Sebagai Paus, St. Pius X terus mengabdikan dirinya dengan penuh semangat untuk tujuan dan misi yang telah dia pimpin sebelumnya, dan dia terkenal karena kecintaannya pada musik Gereja, karenanya memimpin melalui upaya besar reformasi dalam memastikan bahwa Nyanyian Gregorian memiliki posisi utama dan terpenting dalam musik Gereja.

Paus St. Pius X juga dikenal karena kasihnya yang besar kepada Tuhan dan usahanya untuk membawa Tuhan lebih dekat kepada umat-Nya, dengan mendorong penerimaan Sakramen Ekaristi Kudus lebih awal, setelah mendengar dan menyelidiki iman yang luar biasa dan menginspirasi kisah tentang Ellen Organ berusia 4 tahun, yang meskipun usianya sangat muda, menunjukkan pemahaman iman yang luar biasa, yang meyakinkan Paus St. Pius X melalui dekritnya Quam Singulari, mengizinkan anak-anak kecil berumur tujuh tahun, asalkan mereka telah menunjukkan pemahaman dan penghargaan iman yang memadai, untuk menerima Komuni Pertama mereka. Melalui ini dan banyak upaya lainnya, Paus St. Pius X telah membawa begitu banyak orang lebih dekat kepada Tuhan, dan dia juga terkenal karena advokasi dan upayanya untuk perdamaian, dalam upayanya untuk mencegah pecahnya Perang Besar, yang kemudian dikenal sebagai Perang Dunia Pertama, dan dia wafat dengan patah hati tidak lama setelah dimulainya perang yang menghancurkan itu. Paus St. Pius X wafat pada tanggal 20 Agustus 1914, Paus St Pius X dikanonisasi pada tahun 1954.

Saudara dan saudari dalam Kristus, kita dapat melihat dengan jelas bagaimana Paus St. Pius X benar-benar menjadi teladan yang luar biasa bagi kita semua dalam iman dan kehidupannya, dan dalam pengabdiannya kepada Tuhan. Mampukah kita semua mengasihi Tuhan, Allah kita, dengan tulus dan tulus, dengan segenap hati kita, dengan segenap daya dan kekuatan kita, dan dengan segenap keberadaan kita? Marilah kita semua mengikuti jejak Paus St. Pius X, dalam semua yang telah dia lakukan, dan dalam teladan banyak orang kudus lainnya, orang kudus lainnya yang kehidupan dan pengalamannya telah mengilhami kita semua juga. Semoga Tuhan menyertai kita semua. Amin.

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy