| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Meditasi Antonio Kardinal Bacci: Mengikuti Yesus yang Tersalib

“Sebab aku telah memutuskan untuk tidak mengetahui apa-apa di antara kamu,” tulis Santo Paulus kepada jemaat di Korintus, “selain Yesus Kristus, yaitu Dia yang disalibkan.” (1 Kor. 2:2)

Itu adalah ucapan Santo Paulus bahwa, sementara orang Yahudi mencari tanda dan orang Yunani mencari hikmat, dia terus berkhotbah tentang Kristus di kayu Salib. “Orang Yahudi meminta tanda, dan orang Yunani mencari hikmat;     tetapi kami memberitakan Kristus yang disalibkan: untuk orang-orang Yahudi suatu batu sandungan dan untuk orang-orang bukan Yahudi suatu kebodohan.” (1 Kor. 1:22-23)
 
Ajaran Kristen dan kehidupan Kristen berpusat pada Yesus yang Tersalib. Sayangnya, di zaman modern seperti di zaman Santo Paulus, Salib diabaikan dan dilupakan atau diserang sebagai simbol kebodohan.

Tidak perlu heran dengan hal ini. Ketika lelaki tua suci, Simeon, memeluk Yesus, dia membuat nubuatan bahwa Anak ini akan menjadi “tanda yang akan pertentangan.” (Lukas 2:34) Dunia bangga dengan kemajuan ilmiah dan teknisnya, sedangkan Salib adalah simbol kerendahan hati yang diturunkan Allah sendiri demi kasih kepada kita. Dunia mencari kesenangan dan kegairahan, sedangkan Salib memberitakan kepada kita semangat pengorbanan dan nilai pemurnian dari penderitaan. Dunia menyukai kemudahan, kekayaan, dan kehormatan; Salib menunjukkan kedalaman kasih Allah, Yang menjadi manusia demi kita, menderita dan mati untuk menebus kita dari dosa, mengajari kita kasih persaudaraan, dan memerintahkan kita untuk memikul salib kita setiap hari jika kita ingin mengikuti Dia.

Kita harus memilih apakah mengikuti Yesus yang Tersalib atau mengikuti dunia. Dunia hanya bisa memberi kita kepuasan yang sia-sia dan sesaat, sedangkan Salib bisa memberi kita kedamaian hati nurani yang baik, bahkan di tengah kesedihan dan kesulitan, dan harapan kebahagiaan abadi di kehidupan selanjutnya.

Salib adalah buku terbuka di mana manusia dapat membaca kasih Allah yang tak terbatas bagi mereka. Para Orang Kudus menangis di hadapan Penyaliban karena mereka menyadari bahwa penderitaan dan kematian Penebus adalah akibat dari dosa, sehingga mereka belajar untuk menghindari dosa dengan segala cara. Mereka merenungkan kata-kata terakhir Yesus yang mati di kayu Salib, kata-kata yang dengan jelas menggambarkan belas kasihan-Nya yang tak terbatas kepada kita.

Kita hendaknya mengikuti teladan para Orang Kudus dalam devosi ini. Biarlah Salib menjadi benda paling berharga di rumah kita, dan marilah kita dengan senang hati memegangnya di tangan kita. Biarlah ini mengingatkan kita akan tragedi Gunung Kalvari, ketika Yesus ditelanjangi jubah-Nya dan dipaku di kayu Salib, dibangkitkan untuk menderita penderitaan yang tak terlukiskan, mengampuni algojo-Nya dan mengampuni dosa-dosa kita, mengampuni pencuri yang bertobat, dan mewariskan kepada kita harta berharga terakhir yang diserahkan kepada-Nya, Bunda-Nya yang tersuci.

Marilah kita menangisi dosa-dosa kita dan meningkatkan kasih bagi Penebus ilahi kita. Ketika kita tertindas oleh beban salib kita sendiri, kita akan memandang Salib dan menemukan penghiburan. Ketika kita dicobai, kita akan menggenggam Salib dan berpaling dengan ngeri dari pikiran dosa dan tidak berterima kasih.

Salib akan mengajari kita, seperti yang diajarkan kepada para Orang Kudus, pelajaran kasih amal kepada Tuhan dan sesama kita. Itu akan mengajarkan kita untuk membenci dosa dan mencintai kebajikan. Jika kita menghargainya selama hidup, itu akan menjadi penghiburan kita untuk mencium Salib pada saat kematian.— 


 Antonio Bacci  (4 September 1885 – 20 Januari 1971) adalah seorang kardinal Gereja Katolik Roma asal Italia. Ia diangkat menjadi kardinal oleh Paus Yohanes XXIII.

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy