| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Orang Kudus hari ini: 08 Agustus 2023 St. Dominikus, Pendiri Ordo Pengkhotbah

Fr Lawrence Lew, O.P. | Flickr CC BY-NC-ND 2.0

 Hari ini, Gereja memperingati St. Dominikus, yang hidupnya harus menjadi sumber inspirasi dan kekuatan yang besar bagi kita sebagai orang Kristiani, dalam bagaimana kita sendiri harus bersikap dan menjalani hidup kita sebagai pengikut dan murid Allah yang setia dan berbakti. .St Dominikus, juga dikenal sebagai St Dominikus de Guzman adalah pendiri besar Ordo Pengkhotbah atau Ordo Praedicatorum, lebih dikenal sebagai Dominikan setelah pendiri mereka. St Dominikus lahir di tempat yang sekarang menjadi bagian dari Spanyol di mana menurut tradisi, ibunya melahirkan dia setelah bermimpi tentang seekor anjing yang melompat keluar dari rahimnya dengan obor menyala di mulutnya yang membuat seluruh bumi terbakar. Kemudian ini akan menjadi bagian dari tradisi dan hagiografi Dominikan yang menghubungkan keberanian dan semangat besar yang dengannya St Dominikus mengabdikan hidupnya dalam mewartakan Kabar Baik Allah, dan karisma Ordo, yang benar-benar terkait dengan visi yang Ibu St. Dominikus lihat.
  
 St Dominikus juga bekerja dengan orang-orang sezaman lainnya pada masanya, yang bekerja melawan ajaran sesat Catharisme yang berbahaya, yang telah membingungkan banyak umat beriman dan menyeret mereka ke jalan yang salah. St Dominikus dan banyak lainnya, dan mereka yang terinspirasi oleh teladannya, melayani selama bertahun-tahun di antara daerah-daerah yang terkena bid'ah Cathar, dan berhasil membawa banyak orang kembali ke Gereja Katolik dan keselamatan di dalam Tuhan. Juga selama misi ini menurut tradisi, St. Dominikus menerima penglihatan Santa Perawan Maria, Bunda Allah, yang memberinya rosario dan karena itu mulai mempopulerkan devosi rosario di antara umat Kristiani. St Dominikus mengabdikan dirinya sampai akhir hidupnya demi keselamatan jiwa-jiwa.

Saudara dan saudari dalam Kristus, maukah kita terinspirasi oleh teladan dan dedikasi yang ditunjukkan St. Dominikus kepada kita semua melalui kehidupan dan tindakannya yang patut diteladani? Akankah kita semua diperbarui dalam komitmen kita kepada Tuhan dan dalam keinginan dan kemauan kita untuk berjalan di jalan-Nya? Kita masing-masing adalah bagian dari Gereja Allah, dan kita semua berbagi dalam panggilan dan komitmen yang sama untuk menjalani hidup kita dengan layak dan untuk menjadi misionaris serta saksi iman kita kepada Tuhan. Kita semua harus mengingat semua yang telah kita renungkan hari ini, dan melakukan apa pun yang kita bisa sehingga kita dapat benar-benar menjadi pengikut Tuhan yang layak, dan sebagai teladan dan inspirasi yang hebat satu sama lain dalam iman. Marilah kita semua membelakangi kejahatan dan godaan dunia ini, dan semua kejahatan kesombongan dan ego yang telah membawa kejatuhan begitu banyak pendahulu kita, dan kembali kepada Tuhan dengan segenap hati kita. Semoga Tuhan selalu menyertai kita dan semoga Dia memberdayakan kita masing-masing dalam setiap usaha dan perbuatan baik kita, sekarang dan selamanya. Amin.

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy