| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Meditasi Antonio Kardinal Bacci: Melawan Kecenderungan Jahat

 
 
 Ketika kita telah menghabiskan waktu bertahun-tahun melawan kecenderungan jahat kita, berdoa, dan membuat keputusan, kita sedih ketika kita sekali lagi jatuh ke dalam dosa besar. Kekeliruan seperti ini bisa sangat mengecilkan hati dan membuat kita merasa tidak mungkin menahan godaan. Kita bahkan mungkin merasa bahwa kita tidak ditakdirkan oleh Allah untuk menikmati kebahagiaan abadi. Ini adalah godaan yang sangat berbahaya yang dapat membawa kita ke dalam kehancuran. Ini adalah bagian dari taktik iblis untuk menggoda kita untuk berbuat dosa dan ketika kita telah jatuh, untuk meyakinkan kita bahwa kejatuhan kita tidak dapat dihindari dan kita mungkin juga menyerah pada dosa karena kita ditakdirkan masuk neraka.

Predestinasi adalah masalah teologis yang sangat besar yang telah menyiksa pikiran dan hati nurani banyak orang. Ini adalah pertanyaan yang sulit, tetapi dalam praktiknya dapat dijawab dengan beberapa kata. Sudah pasti bahwa "Tuhan ... ingin kita semua diselamatkan." (I Tim. 2:4) Sudah pasti bahwa Allah menjadi manusia dan menumpahkan darah-Nya yang berharga untuk keselamatan kita. Lalu bagaimana kita bisa ditakdirkan ke neraka? Bagaimana mungkin kita ditolak rahmat yang diperlukan untuk keselamatan? Kejatuhan kita yang terus-menerus tidak menunjukkan bahwa Tuhan telah meninggalkan kita, tetapi menunjukkan bahwa kita telah meninggalkan Dia. Jika kita dengan tulus melakukan semua yang kita mampu, Tuhan tidak akan menyangkal bantuan-Nya kepada kita.

Pergi, kemudian, dengan semua pikiran putus asa. Marilah kita dengan rendah hati meminta pengampunan setiap kali kita jatuh, karena Tuhan memahami kelemahan kita. Kemudian marilah kita mulai lagi dengan keyakinan akan kasih karunia Allah.

Tetapi mengapa, kita mungkin bertanya, Tuhan membiarkan kita jatuh berkali-kali tanpa memberi kita kasih karunia untuk melawan? Dalam kasus seperti itu kita harus menerima misteri urusan Allah dengan kita. Tuhan sering membiarkan kita jatuh untuk merendahkan kita dan menyadarkan kita bahwa kita tidak berdaya tanpa Dia. Kesombongan seringkali menjadi penyebab dosa kita, dan kesombongan kita harus dikekang. ”Allah menentang orang yang congkak, tetapi mengasihani orang yang rendah hati." (Bdk. Yakobus 4:6) Oleh karena itu, daripada menyerah pada keputusasaan, kita harus mengakui kelemahan kita sendiri dan berdoa lagi kepada Tuhan untuk membantu kita.

Ada penjelasan lain untuk kesalahan berulang kita ke dalam dosa. Terkadang kita tidak langsung menolak godaan dan itu mengakar dalam jiwa kita. Kita mungkin lalai untuk berdoa memohon bantuan Tuhan. Kita mungkin lalai untuk menghindari kesempatan berbuat dosa dan bermain-main dengan bahaya. Kita mungkin tidak cukup bertekad untuk berkorban daripada melakukan dosa.

Mari kita pertimbangkan penyimpangan kita dan kita akan menemukan bahwa itu dapat dijelaskan dengan salah satu cara berikut. Oleh karena itu, tidak perlu kehilangan kepercayaan kepada Tuhan. Sebaliknya kita harus memperbarui resolusi baik kita dan memperkuatnya dengan doa terus-menerus. Tak seorang pun yang terus berdoa dapat terus jatuh ke dalam dosa.— 


 Antonio Bacci  (4 September 1885 – 20 Januari 1971) adalah seorang kardinal Gereja Katolik Roma asal Italia. Ia diangkat menjadi kardinal oleh Paus Yohanes XXIII.

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy