| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Orang Kudus hari ini: 02 Agustus 2023 St. Petrus Yulianus Eymard dan St. Eusebius dari Vercelli

St. Petrus Yulianus Eymard

 
 Hari ini, Gereja memperingati St. Eusebius dari Vercelli dan St. Petrus Yulianus Eymard yang mengabdikan hidup mereka untuk Tuhan, yang menjalani hidup mereka dengan komitmen dan cinta yang besar kepada Tuhan, dan Tuhan telah membuat mereka menjadi besar dan panutan dan teladan yang menginspirasi bagi banyak dari kita, umat Allah yang setia sehingga kita dapat mengikuti teladan dan inspirasi mereka, dalam dedikasi dan komitmen mereka, kekudusan dan tindakan besar mereka. St Eusebius dari Vercelli dan St Petrus Yulianus Eymard benar-benar diberkati dan layak menjadi hamba Tuhan, teladan-Nya yang suci dan adil, untuk kita semua ikuti. St. Eusebius lahir pada awal abad keempat. Seorang anggota imam Roma, ia terpilih sebagai uskup Vercelli, pada tahun 345. St Eusebius dari Vercelli adalah salah satu bapa Gereja, seorang uskup Roma dari Sardinia, yang sekarang menjadi bagian dari Italia, yang dikenang sebagai seorang gembala yang agung dan rendah hati dari orang-orang yang dipercayakan kepadanya. Dikenal karena khotbah dan perhatiannya, ia mendirikan yayasan monastik pertama di keuskupannya, dan menjadi uskup pertama Gereja Barat yang memperkenalkan cita-cita monastik kepada klerus keuskupannya. St Eusebius dari Vercelli mengabdikan banyak waktunya untuk hidup di antara para imam dan kawanannya, dan memperhatikan kebutuhan spiritual mereka, membantu dan membimbing mereka di jalan menuju kebenaran dan keselamatan di dalam Tuhan.
 
St. Eusebius dari Vercelli (Public Domain)

Dia berperan penting dalam upaya Gereja dalam memerangi ajaran sesat dan kepalsuan Arianisme, ajaran sesat besar yang telah menimpa Gereja dan banyak di antara umat Allah pada waktu itu. Dan sebagai bagian dari pelayanan dan pekerjaan itu, dia harus menanggung tantangan dan penderitaan yang besar, saat dia pergi bersama dengan mereka yang menjunjung tinggi ortodoks dan ajaran yang benar serta iman Katolik melawan mereka yang berpihak pada bidat. Pada tahun 355, St. Eusebius menghadiri Sinode Milan tetapi, karena ia menolak mengutuk St Athanasius dan menjunjung tinggi ajaran Gereja tentang ketuhanan Yesus, ia diasingkan ke Palestina, Asia Kecil, dan Mesir. Dia harus menanggung penderitaan yang pahit saat dia menghadapi tentangan dari mereka yang mendukung bidah dan jalan fasik palsu. Namun, dia tetap teguh pada iman dan komitmennya kepada Tuhan, dan mengabdikan dirinya sepenuhnya kepada Tuhan, sampai akhir hidupnya, mendedikasikan dirinya untuk menjaga umat beriman dari ajaran sesat dan sesat yang menyesatkan banyak orang menuju kehancuran mereka dan kejatuhan.  Eusebius akhirnya kembali ke Italia dan bekerja tanpa lelah melawan ajaran sesat Arian dan menemani St Athanasius ke Konsili Aleksandria pada tahun 362. Komitmennya kepada Tuhan dan teladannya yang menginspirasi harus menjadi inspirasi besar bagi kita semua sebagai orang Katolik pada masa kini. St Eusebius meninggal di Vercelli pada tahun 371.

Kemudian, Santo Petrus Yulianus Eymard adalah seorang imam Tuhan yang agung dan berdedikasi yang terkenal karena komitmen dan kesalehannya kepada Tuhan, dan karena mempopulerkan dedikasi kepada Sakramen Mahakudus, kepada Kehadiran Nyata Tuhan dalam Ekaristi. Dia mendedikasikan sebagian besar waktu dan pekerjaannya untuk membimbing umat beriman dan semua orang dalam pelayanan dan bidang tanggung jawabnya, yang menderita dan membutuhkan bantuan jasmani dan rohani. Santo Petrus Yulianus Eymard menghabiskan banyak waktu untuk menjangkau jiwa-jiwa yang tersesat dan mereka yang menghadapi kesulitan dan kesulitan dunia, dan membantu banyak orang untuk menemukan jalan mereka kepada Tuhan. Komitmennya untuk melayani Tuhan dan upayanya dalam mengumpulkan orang-orang yang berpikiran sama dalam dua ordo religius yang didirikannya, Kongregasi Sakramen Mahakudus dan Para Pelayan Sakramen Mahakudus, dan mempopulerkan serta menyebarkan devosi Empat Puluh Jam yang efektif yang merupakan teladan dan inspirasi yang benar-benar hebat bagi kita semua untuk diikuti.

Saudara dan saudari dalam Kristus, marilah kita semua terinspirasi oleh teladan luar biasa yang ditunjukkan oleh St. Eusebius dari Vercelli, St. Petrus Yulianus Eymard dan banyak orang kudus lainnya, semua yang telah menunjukkan kepada kita apa artinya bagi kita untuk menjadi orang Kristiani yang benar-benar berdedikasi dan berkomitmen, hamba dan pengikut Tuhan. Marilah kita melakukan yang terbaik untuk menjalani kehidupan kebajikan yang benar-benar layak bagi Tuhan, kehidupan yang benar-benar patut diteladani dan agung, bebas dari kekotoran berbagai godaan duniawi di sekitar kita, dan layak bagi mereka yang telah dipanggil dan dipilih Tuhan, selalu bersyukur dan berterima kasih karena Dia selalu menunjukkan kepada kita belas kasih yang begitu besar, kasih yang lembut dan penuh belas kasihan. Dan semoga Dia memberkati kita semua dan menjaga kita semua dalam kasih karunia-Nya, dan memberdayakan kita masing-masing untuk berjalan lebih setia di hadirat-Nya, sekarang dan selamanya, selamanya. Amin.

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy