| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Meditasi Antonio Kardinal Bacci: Kebahagiaan Spiritual


 
 
 Kekristenan tidak sedih atau pesimis. Sebaliknya, itu adalah pertanda "sukacita besar," (Lukas 2:10) mengutip ungkapan yang digunakan oleh para Malaikat ketika mereka mengumumkan kepada para gembala tentang kelahiran Yesus di Betlehem.

Jelas, kegembiraan ini adalah sesuatu yang sangat berbeda dari kesenangan yang masuk akal. Itu adalah kebahagiaan spiritual yang menyertai kehidupan yang tidak bersalah, kesedihan karena dosa, atau penderitaan yang ditanggung dengan berani demi kasih Allah.

Segala bentuk kebahagiaan duniawi lainnya tidak akan pernah lebih dari kesenangan parsial dan sementara, tidak mampu memuaskan hati manusia sepenuhnya. Namun, ketika Kekristenan mendesak kita untuk melepaskan diri dari objek-objek duniawi, itu tidak mengutuk kegembiraan hidup saat ini. Sejarawan Tacitus sangat jauh dari kebenaran ketika, dalam uraiannya dalam Sejarah tentang pembakaran Roma pada masa Nero, dia menuduh orang Kristen membenci umat manusia, meskipun tidak membakar kota. Meskipun ajaran Kristiani disibukkan dengan kegembiraan Surga, itu tidak meremehkan kesenangan duniawi yang sah.

Yesus "pergi berkeliling berbuat baik dan menyembuhkan semua orang yang berada dalam kuasa iblis." (Kisah Para Rasul 10:38) Yesus senang memberikan sukacita kepada orang lain dan menguduskan pesta perkawinan di Kana dengan kehadiran-Nya dan dengan melakukan mukjizat pertama-Nya di sana. Yesus memulihkan kebahagiaan janda Naim dengan menghidupkan kembali putranya, dan Marta dan Maria dengan mengembalikan saudara laki-laki mereka, Lazarus, yang telah meninggal selama empat hari. Yesus menghabiskan seluruh hidupnya untuk memberikan kebahagiaan kepada orang lain.

Hanya ada satu jenis kesenangan yang tidak dapat diterima oleh kekristenan, dan itu adalah kesenangan berlebihan yang mengarah pada dosa atau merupakan akibat dari dosa. Kesenangan semacam ini tidak memiliki hubungan kekerabatan dengan kegembiraan spiritual. Ini adalah peninggian sesaat yang segera menghilang dan meninggalkan kekecewaan dan penyesalan. Itu pasti mengarah pada kesedihan; ini adalah hukuman dari Tuhan yang hanya bisa menjadi berjasa jika dipersembahkan sebagai penebusan. "kesukaan dapat berakhir dengan kedukaan." (Amsal 14:13) kata Kitab Amsal. Untuk alasan ini marilah kita mencari kesenangan rohani, bukan yang membawa kepada dosa atau yang merupakan akibat dari dosa.

Dalam suratnya St. Paulus sering menasihati orang Kristen perdana untuk bersukacita. “Bersukacitalah senantiasa dalam Tuhan! Sekali lagi kukatakan: Bersukacitalah!" (Flp 4:4) "Buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, ..." (Bdk. Gal 5:22) Tetapi kita harus ingat bahwa "Kerajaan Allah bukanlah soal makanan dan minuman, tetapi soal kebenaran, damai sejahtera dan sukacita oleh Roh Kudus." (Rm. 14:17)

St. Paulus menekankan bahwa sukacita ini tidak perlu hilang pada masa kesengsaraan. "Aku sangat berterus terang terhadap kamu; tetapi aku juga sangat memegahkan kamu. Dalam segala penderitaan kami aku sangat terhibur dan sukacitaku melimpah-limpah." (2 Kor. 7:4) Dalam kehidupan seorang Kristen, suka dan duka tidak terpisah satu sama lain, tetapi saling melengkapi dan menyempurnakan.

Ini tidak berarti bahwa kekristenan pada dasarnya mengubah kodrat manusia dan menghilangkan kepedihan penderitaan. Itu hanya berarti bahwa segala sesuatu dalam sifat manusia dimurnikan dan ditinggikan sehingga layak untuk Surga, di mana kebahagiaan sejati dan abadi dapat ditemukan.

Jika kita menjalani kehidupan yang baik, mengharapkan berkat Surgawi dan dibimbing oleh tindakan Roh Kudus yang berdiam di dalam diri kita, kita akan memiliki sukacita rohani ini. Begitu kita memilikinya, itu tidak akan terhapus oleh pencobaan atau penderitaan atau penganiayaan, selama iman kita tetap teguh dan kokoh. Orang Kristen yang tulus menerima kesenangan dan rasa sakit dengan kesiapan yang sama karena dia menempatkan segalanya di tangan Tuhan.

Ini menjelaskan apa yang ada dalam pikiran Yesus ketika Dia berkata: "Berbahagialah, hai kamu yang miskin." . . Berbahagialah, hai kamu yang sekarang ini lapar,. . . Berbahagialah, hai kamu yang sekarang ini menangis,. . . Berbahagialah kamu, jika karena Anak Manusia orang membenci kamu, dan jika mereka mengucilkan kamu, dan mencela kamu serta menolak namamu sebagai sesuatu yang jahat.. . .” (Lukas 6:20-22) Para Orang Kudus berbahagia terlepas dari penderitaan dan penganiayaan. Kita harus berusaha setidaknya mencapai semangat penyerahan total pada kehendak Tuhan yang selalu dibalas dengan kedamaian jiwa.—

 Antonio Bacci  (4 September 1885 – 20 Januari 1971) adalah seorang kardinal Gereja Katolik Roma asal Italia. Ia diangkat menjadi kardinal oleh Paus Yohanes XXIII.

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy