| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Meditasi Antonio Kardinal Bacci: Mengorbankan segalanya demi Kerajaan Allah dan kebahagiaan abadi

Gambar oleh Gerd Altmann dari Pixabay
 
 
 Ada banyak orang yang begitu tenggelam dalam keburukan sehingga tidak pernah berpikir tentang kekekalan dan mencari kebahagiaannya dalam kesenangan dosa dan duniawi. Mereka telah menjadi tuli terhadap suara Tuhan, meskipun Dia menanamkan dalam diri mereka penyesalan dan kegelisahan serta mengundang mereka melalui ilham yang baik untuk kembali ke pelukan belas kasihan-Nya. Mereka juga tuli terhadap suara hati nurani, yang meskipun mengalami kemerosotan, tetap membuat mereka merasakan daya tarik kebajikan dan betapa besarnya kebutuhan mereka akan Pencipta mereka. Mereka pada dasarnya tidak bahagia, terlebih lagi karena dalam kehidupan ini “tidak ada kedamaian bagi orang fasik” (Yes. 48:22) dan di kehidupan selanjutnya mereka akan dikutuk selamanya. Hanya mukjizat rahmat ilahi yang dapat menyelamatkan mereka dari jurang maut yang secara sukarela mereka masukkan ke dalamnya.

Ada pula yang ingin mendapatkan surganya baik di dunia maupun di akhirat. Mereka terombang-ambing dalam ketidakpastian antara yang baik dan yang jahat, saat ini penuh dengan resolusi yang baik dan esok hari menyerah pada dosa karena kebajikan tampaknya menuntut terlalu banyak pengorbanan. Mereka ingin menjadi baik, tetapi mereka tidak mau bersusah payah.
 
Karena bimbang dan suam-suam kuku, mereka berpikir bahwa mereka bisa melayani Tuhan dan iblis pada saat yang bersamaan. Tentu saja, hal ini tidak mungkin, seperti yang Kristus katakan kepada kita. “Tidak seorang pun dapat mengabdi pada dua tuan… Kalian tidak dapat mengabdi kepada Tuhan dan mamon.” (Mat. 6:24) Jika orang-orang seperti ini tidak mengambil keputusan, mereka berisiko terkena hukuman kekal.

Anda termasuk dalam kategori apa? Pikirkan tentang ini dan buatlah keputusan tegas.

Hanya mereka yang menghendakinya sendirilah yang terkutuk. Tuhan ingin semua manusia diselamatkan. Untuk tujuan inilah Dia datang ke dunia dan mencurahkan Darah-Nya yang Berharga. Terlebih lagi, Dia telah memberi kita sarana yang diperlukan untuk keselamatan. “Tuhan Juruselamat kita ingin agar semua manusia diselamatkan dan memperoleh pengetahuan akan kebenaran.” (Bdk. 1 Tim. 2:4)

Oleh karena itu, apa yang kurang dari diri kita untuk memperoleh keselamatan? Anugerah Ilahi tentu saja tidak kurang, karena Tuhan memberikannya kepada kita tanpa syarat. “Aku datang, supaya mereka mempunyai hidup, dan mempunyainya dalam segala kelimpahan.” (Yohanes 10:10) Kita juga tidak kekurangan kekuatan karena seperti yang dikatakan St. Paulus, “Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku.” (Flp. 4:13) Kita memiliki Sakramen, inspirasi yang baik, dan teladan para Orang Kudus. Satu-satunya kekurangan yang bisa kita peroleh hanyalah niat baik dan kerja sama kita dengan rahmat Tuhan. Kita harus siap memainkan peran kita dalam keselamatan kita sendiri.

Kita tidak bisa mengklaim bahwa kita terlalu lemah untuk melawan godaan kita. “Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu.” (1 Kor. 10:13) Kita juga tidak dapat mengeluh bahwa kita tidak mempunyai cukup waktu untuk memikirkan hal-hal tersebut, karena ketika Allah memberi kita waktu, Ia bermaksud agar kita menggunakan waktu tersebut terutama untuk memecahkan masalah terpenting dalam hidup kita, yaitu adalah keselamatan kita sendiri. Sia-sia juga jika bersikeras bahwa iblis terlalu kuat bagi kita, karena, mengutip St. Agustinus, dia seperti seekor anjing mastiff yang dirantai yang dapat menggonggong pada kita dengan sekuat tenaga, namun tidak dapat menggigit kita kecuali kita mendekat terlalu dekat dengan dia.

Oleh karena itu, pemikiran dan tujuan pertama kita haruslah keselamatan kita sendiri. Harta yang terpendam di ladang dan mutiara yang sangat berharga (lih. Mat 13:44-46) adalah lambang Kerajaan Allah dan kebahagiaan abadi. Kita hendaknya bersiap mengorbankan segalanya demi menemukan harta karun ini dan memperoleh mutiara ini.—

 Antonio Bacci  (4 September 1885 – 20 Januari 1971) adalah seorang kardinal Gereja Katolik Roma asal Italia. Ia diangkat menjadi kardinal oleh Paus Yohanes XXIII.

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy