| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Meditasi Antonio Kardinal Bacci tentang Kehadiran Tuhan


 
 
 Menumbuhkan kesadaran terus-menerus akan kehadiran Tuhan adalah praktik yang sangat berguna sehingga banyak penulis menganggapnya sebagai prinsip dasar kehidupan spiritual. Seperti yang ditunjukkan oleh St Alfonsus de' Liguori, hal itu mewajibkan kita untuk melakukan tiga hal: (1) Menjaga diri kita sepenuhnya bebas dari dosa; (2) Untuk mempraktikkan kebajikan dengan segala cara yang memungkinkan, dan (3) Untuk mencari kontak yang lebih dekat dan lebih penuh kasih dengan Tuhan. (Al. Div. Servizio, III, 1, 3)

Realisasi kehadiran Tuhan adalah cara yang sangat baik untuk menaklukkan nafsu kita dan menaklukkan pencobaan. “Jika kita selalu sadar akan kehadiran Tuhan di dalam diri kita,” tulis St. Thomas, “kita tidak akan pernah, atau hampir tidak pernah, berbuat dosa.” (Opusc.58, c.2)

Tidak mungkin seseorang yang melakukan dosa mempromosikan fakta bahwa Tuhan mengawasinya dan dapat turun tangan untuk menghukumnya kapan saja. Dia telah melupakan kehadiran Tuhan, Pencipta dan Penebusnya, yang telah begitu baik padanya dan yang suatu hari nanti akan menjadi hakimnya. Pikirannya telah digelapkan dan hatinya disesatkan oleh kesenangan dunia yang menipu.

Tuhan jauh dari pendosa karena pendosa mengabaikan ilham dan nasihat-Nya dan, singkatnya, telah menolak Dia. Orang yang tidak bahagia tidak akan pernah menemukan kedamaian di dunia ini dan ditakdirkan untuk ketidakbahagiaan abadi di akhirat.

“Jika kita selalu berada di hadirat Allah,”
tulis St. Yohanes Krisostomus, “kita tidak boleh membayangkan atau melakukan kejahatan apa pun.” (Homili. 8, ad Phil., 2.)

Kehadiran Tuhan, apalagi, mendorong kita untuk melakukan yang terbaik untuk memperoleh semua kebajikan. Ketika Dia selalu ada di depan mata kita, kita tidak mengalami kesulitan untuk mengenali bahwa Dia adalah Kebenaran, Keindahan, dan Kebaikan tertinggi.

Oleh karena itu, marilah kita berusaha untuk menyenangkan Tuhan, dengan mematuhi perintah dan ilham-Nya. Jika kita ingin layak di hadirat-Nya, marilah kita berusaha menghiasi jiwa kita dengan kasih karunia-Nya, yang menjadi milik kita untuk memintanya. Kesadaran kita akan kehadiran Tuhan tidak boleh menjadi keadaan pasif. Itu hendaknya menghidupkan iman kita dan meningkatkan kasih kita kepada-Nya.

Sadarkah kita betapa miskin dan menyedihkannya kita di hadapan Tuhan? Mari kita memohon Dia untuk membuat kita kudus. Jika kita diganggu oleh pencobaan, marilah kita meminta kepada-Nya kekuatan untuk mengalahkannya. Jika kita lelah karena penderitaan, marilah kita memohon kepada-Nya untuk membantu dan menghibur kita.

Jika kita terus-menerus mengingatkan diri kita akan kehadiran Allah, kita akan selalu dipersatukan secara erat dengan-Nya. Persatuan dengan Tuhan harus menjadi hasil dari kasih kita kepada-Nya, karena itu adalah aturan kasih yang tidak pernah gagal yang meningkat dengan kedekatan dengan yang dikasihi. Jika kita hidup di hadirat Allah dan merenungkan Dia sebagai kesempurnaan keindahan, kebenaran dan kebaikan, kita akan tergerak untuk semakin mengasihi Dia. Terlebih lagi, kasih kita akan membangkitkan dalam diri kita keinginan yang kuat untuk keintiman yang lebih dekat dengan-Nya.

Persatuan suci ini akan memberi kita kedamaian dan ketenangan yang luar biasa dalam semua perubahan kehidupan, ketenangan yang akan tercermin dalam kepribadian kita dan dalam perilaku kita untuk membangun sesama kita.— 

 Antonio Bacci  (4 September 1885 – 20 Januari 1971) adalah seorang kardinal Gereja Katolik Roma asal Italia. Ia diangkat menjadi kardinal oleh Paus Yohanes XXIII.

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy