| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Meditasi Antonio Kardinal Bacci: Sedekah adalah sarana untuk pengudusan pribadi kita

Public Domain

 
Pandangan telah diungkapkan bahwa sedekah tidak berguna dan merendahkan. Dikatakan percuma, karena pelaksanaan keadilan sosial harus mencukupi kebutuhan setiap orang; dan itu merendahkan, itu telah dipegang, karena itu menempatkan orang miskin pada posisi yang lebih rendah dari orang kaya, dan membuatnya mengemis untuk apa yang sebenarnya menjadi haknya.

Ini adalah garis penalaran yang salah. Keadilan sosial dapat dan harus melakukan banyak hal untuk mencapai distribusi kekayaan yang lebih setara di antara manusia. Tapi keadilan sosial tidak bisa melakukan segalanya.

Sampai akhir dunia yang lemah akan selalu mengalah dalam pertarungan hidup sebelum energi dan usaha dari yang kuat. Akan selalu ada orang-orang malang yang karena suatu kecelakaan tragis tidak mampu menjaga diri mereka sendiri. Apa pun bentuknya, Negara tidak akan dapat menyediakan sepenuhnya bagi yang cacat dan lemah.

Akan selalu ada banyak ruang bagi kasih Kristiani, yang tidak berjalan dengan langkah-langkah keadilan yang terukur, tetapi dengan sayap-sayap kasih Allah yang cepat. Itu mencari kesedihan yang perlu diredakan dan keinginan yang perlu diredakan. Akan selalu ada penderitaan dan kekurangan di bumi. “Karena orang-orang miskin selalu ada padamu,” (Mat. 26:11) kata Yesus kepada kita.

Tidak bisa dikatakan sedekah itu merendahkan derajat karena membuat si penerima lebih rendah dari si pemberi. Ini mungkin terjadi jika sedekah diberikan dengan motif filantropi belaka. Tetapi ketika sedekah disertai dengan kasih dan pengertian dan pemberi melihat pada orang miskin itu pribadi Yesus Kristus, tidak ada perbedaan status antara kedua individu tersebut. Mereka adalah saudara yang ingin saling mengasihi dan membantu, karena keduanya merupakan anggota Tubuh Kristus yang mistik. Dalam hal ini adalah lebih berbahagia memberi daripada menerima.

Sedekah Kristen adalah pemenuhan kewajiban dan merupakan sumber kebajikan bagi pemberi. Adapun si penerima, tidak hanya keinginannya yang diringankan, tetapi dia adalah sarana dimana saudaranya yang lebih kaya dapat memperoleh kebajikan dan memenuhi kewajibannya.

Meski tidak terlalu besar, kekayaan adalah hal yang berbahaya. Itu adalah beban yang menghambat kita secara rohani kecuali diperkaya dengan kasih amal. Dengan sendirinya, kekayaan bertentangan dengan semangat Injil. Oleh karena itu, dalam Gereja Tuhan, satu-satunya peran yang pantas yang dapat diambil oleh orang kaya adalah menempatkan kelimpahan mereka untuk pelayanan kasih dan menjadi pelayan orang miskin.

St Thomas Aquinas mengatakan bahwa kekayaan dapat menjadi alat kebajikan dan hanya dalam pengertian inilah kekayaan dapat disebut baik. Jika itu menghalangi praktik kebajikan, maka itu jahat. (Contra Gentes, 111:134) Oleh karena itu, marilah kita menggunakan aset kita dengan baik dan memberi dengan murah hati kepada mereka yang membutuhkan tanpa membiarkan motif kita ternoda oleh kepentingan diri sendiri.

"Juallah segala milikmu dan berikanlah sedekah!"
kata Kristus. “Buatlah bagimu pundi-pundi yang tidak dapat menjadi tua, suatu harta di sorga yang tidak akan habis, yang tidak dapat didekati pencuri dan yang tidak dirusakkan ngengat.” (Lukas 12:33) Kepemilikan harta semacam inilah yang akan menghibur kita pada saat kematian.

Kita harus melepaskan diri dari barang-barang dunia ini karena barang-barang itu dapat rusak dan membuat kita melupakan Tuhan. Sekalipun kita ditempatkan dalam keadaan yang mudah, biarlah kita miskin dalam roh. Kita bisa menjadi miskin dalam roh dengan memberi sedekah dari motif kasih Kristiani. Kita membutuhkan belas kasihan Tuhan, dan Tuhan kita telah memberi tahu kita bahwa Dia akan berbelas kasih hanya kepada mereka yang menunjukkan belas kasihan kepada orang lain.

Kita membutuhkan pengampunan Tuhan untuk semua dosa kita, dan Roh Kudus meyakinkan kita bahwa kesalahan kita ditebus dengan sedekah. “Lepaskanlah diri tuanku dari pada dosa dengan melakukan keadilan, dan dari pada kesalahan dengan menunjukkan belas kasihan terhadap orang yang tertindas.” (Dan. 4:27) Sedekah adalah sarana untuk pengudusan pribadi kita.— 


 Antonio Bacci  (4 September 1885 – 20 Januari 1971) adalah seorang kardinal Gereja Katolik Roma asal Italia. Ia diangkat menjadi kardinal oleh Paus Yohanes XXIII.

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy