| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Meditasi Antonio Kardinal Bacci: Menjadikan Tuhan Penguasa mutlak atas diri kita


 
 
 Jika kita ingin Tuhan menguasai jiwa kita, kita harus mengusir setiap kasih sayang yang berlebihan pada hal-hal duniawi. Tidak mungkin Tuhan berdiam di dalam diri kita jika kita masih terikat pada dosa atau disibukkan dengan tujuan-tujuan duniawi.

Tuhan harus berkuasa dalam diri kita dan mengilhami semua keinginan dan tindakan kita. Ini tidak akan pernah terjadi jika kita mempertahankan keterikatan pada dosa yang disengaja, meskipun itu bukan dosa besar. Dalam kasus dosa ringan, bukan dosa yang menghalangi Allah untuk memerintah kita secara mutlak melainkan keterikatan pada dosa.

Siapa saja bisa jatuh karena kelemahan manusia, “Sebab tujuh kali orang benar jatuh, namun ia bangun kembali, tetapi orang fasik akan roboh dalam bencana.” (Ams. 24:16) Saat kita dengan sengaja tetap berada dalam keadaan berdosa, kita menyinggung Allah dan melemahkan iman dan kasih kita. Pada saat-saat seperti itu seolah-olah Yesus tertidur di dalam diri kita, seperti Dia tidur di perahu selama badai di danau Galilea, ketika para Rasul yang ketakutan berteriak: “Tuhan, tolonglah! Kita binasa!” (Mat 8:25) Kita harus menjaga diri kita bebas dari semua jejak dosa jika kita ingin tetap bersatu dengan Tuhan dan diperintah hanya oleh Dia.

Syarat lain yang diperlukan untuk pemerintahan Kristus dalam jiwa kita adalah bahwa kita harus menghancurkan cinta diri kita sendiri. Tuhan kita memerintahkan kita: "Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya dan mengikut Aku." (Mat. 16:24) Lebih mudah meninggalkan barang-barang dunia ini daripada menyangkal diri. Sangat sulit untuk meninggalkan ego sendiri sehingga pada pandangan pertama tampaknya mustahil. Namun demikian, Tuhan menuntut hal ini dari kita jika kita berniat menjadi orang Kristen yang sempurna dan sepenuhnya bebas untuk membaktikan diri kita kepada-Nya.

Tuhan ingin menjadi penguasa mutlak atas jiwa kita karena ini adalah hak-Nya sebagai Pencipta dan Penebus kita. Jika kita berhasil menaklukkan cinta diri kita dan hanya menginginkan apa pun yang menyenangkan Tuhan, kita akan menemukan kebebasan dan kedamaian. Kita akan dapat mengklaim bersama St Paulus: “tetapi bukan lagi aku sendiri yang hidup, melainkan Kristus yang hidup di dalam aku. ” (Gal. 2:20)

Pelepasan diri melibatkan juga penyerahan keterikatan lain, seperti cinta akan kehormatan duniawi, ambisi, keinginan untuk sukses, dan banyak kasih sayang lainnya yang akan menghalangi kita untuk menjalani kehidupan Tuhan. Ketika kita telah sampai pada keadaan acuh tak acuh terhadap penyakit atau kesehatan, kekayaan atau kemiskinan, hidup atau mati, kita akan dapat mengatakan bahwa kita telah meninggalkan diri sepenuhnya, karena hanya Tuhan yang akan memerintah di dalam diri kita. Ketika kita telah menanggalkan diri kita dari semua kasih sayang asing, Tuhan akan menjadi Penguasa mutlak kita dan kita akan benar-benar kaya.— 


 Antonio Bacci  (4 September 1885 – 20 Januari 1971) adalah seorang kardinal Gereja Katolik Roma asal Italia. Ia diangkat menjadi kardinal oleh Paus Yohanes XXIII.

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy