| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Orang Kudus hari ini: 14 Agustus 2023 St. Maximilianus Maria Kolbe, Imam – Martir

 
Public Domain

 
Hari ini, Gereja memperingati Santo Maximilianus Maria Kolbe yang tindakannya seharusnya menjadi inspirasi besar bagi kita semua tentang bagaimana kita harus menjalani hidup kita sebagai umat Kristiani yang setia, penuh kasih dan berbakti. Lahir di Polandia, St. Maximilianus Maria Kolbe menjadi seorang Fransiskan Konventual pada tahun 1910 dan ditahbiskan sebagai imam pada tahun 1918. St Maximilianus Maria Kolbe adalah seorang imam dan misionaris Polandia yang dikenang baik karena karya dan dedikasinya kepada Tuhan, dalam mewartakan Dia kepada banyak orang selama misinya, dalam waktu dan usahanya dihabiskan untuk mengungkapkan lebih banyak tentang Tuhan kepada mereka yang belum mengenalnya.

Sebagai seorang Fransiskan Konventual, St Maximilianus Kolbe menghabiskan beberapa waktu di Timur Jauh, di Jepang dan tempat-tempat lain di Asia, dalam menyebarkan Kabar Baik Allah, dan juga aktif dalam mempromosikan devosi kepada Bunda Allah yang Diberkati, Maria di Hati Tak Bernoda dan cintanya untuk kita semua. St Maximilianus Maria Kolbe juga dikenang karena publikasi dan karya editorialnya dengan para Ksatria Immaculata berkala, mempromosikan devosi kepada Tuhan dan Bunda Maria yang Diberkati, menyerukan umat Kristiani menuju kekudusan. Akhirnya dia kembali ke Polandia di mana selama tahun-tahun Perang Dunia Kedua, dia akhirnya ditangkap dan dibawa ke penjara Auschwitz, di mana dia dan para imam serta biarawan lainnya dipenjara. Di sanalah tindakan lain yang sangat terkenal yang dilakukan St. Maximilianus Kolbe, terjadi, ketika dia menawarkan dirinya sebagai ganti seorang narapidana Polandia yang akan dieksekusi karena dia gagal melarikan diri dari kamp konsentrasi. Terlepas dari kondisi yang sulit, dia dapat melanjutkan pelayanan imamat untuk mendengar pengakuan dosa dan mengucapkan Misa (dengan roti dan anggur selundupan).

Saat itu, rezim NAZI Jerman menindas banyak rakyat dan mereka menyiksa dan mengeksekusi banyak orang tanpa pandang bulu di banyak kamp konsentrasi yang mereka dirikan, terutama di kamp konsentrasi Auschwitz. Banyak yang mencoba melarikan diri, dan sementara beberapa berhasil, banyak termasuk pria Polandia itu gagal dan harus dieksekusi. Ketika pria bernama Franciszek Gajowniczek itu berteriak, 'Istriku! Anak-anakku!’, St Maximilianus Kolbe menawarkan nyawanya sebagai ganti pria itu. Oleh karena itu, St Maximilianus Kolbe dibawa ke sel eksekusi, dan akhirnya dieksekusi setelah beberapa hari, mati sebagai martir dan seorang Kristen sejati, mengabdikan dirinya dengan sepenuh hati kepada Tuhan dan melakukan apa yang telah dilakukan Tuhan sendiri untuk kita, yaitu memberi hidupnya demi orang lain, sama seperti Kristus sendiri telah menderita dan mati, dan memberikan hidup-Nya untuk kita dan keselamatan kita. St Maximilianus Maira Kolbe dikanonisasi pada tahun 1982. Ia dihormati sebagai santo pelindung komunikasi media dan pecandu narkoba.

Saudara dan saudari dalam Kristus, hari ini kita semua diingatkan bahwa kita semua juga harus menjadi seperti St. Maximilianus Kolbe dan orang-orang kudus lainnya, yang benar-benar mencintai Tuhan dan mencintai sesama saudara dan saudari, bahkan untuk titik menghadapi kesulitan, cobaan dan bahkan menjadi dalam melakukannya. Marilah kita semua benar-benar setia sekali lagi kepada Tuhan, dan marilah kita semua menjadi inspirasi dan teladan yang baik bagi satu sama lain dalam iman sebagaimana St. Maximilianus Maria Kolbe dan orang-orang kudus lainnya telah menjadi inspirasi kita. Semoga Tuhan selalu menyertai kita dan semoga Dia memberkati dan memberdayakan kita di setiap saat dalam hidup kita, sekarang dan selamanya. Amin.

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy