| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Meditasi Antonio Kardinal Bacci: Pertobatan


 
 
 Jalan pertama menuju Surga adalah jalan kemurnian. Ada beberapa jiwa dermawan yang menjaga kemurnian asli baptisan mereka sampai akhir hayatnya. St Aloysius Gonzaga tidak pernah berhenti bertobat dari dua kesalahan kecil yang sulit dia tanggung jawab karena dia melakukannya karena ketidaktahuan masa kanak-kanaknya. Setelah hidup bagaikan bidadari dalam wujud manusia, ia meninggal dengan senyuman di bibirnya sambil bergumam bahwa ia bahagia bisa masuk Surga pada akhirnya.

Belakangan ini ada anak laki-laki suci yang manis, St. Dominico Savio. Pada hari Komuni Kudus pertamanya ia membuat resolusi “Matilah daripada dosa,” sebuah resolusi yang tetap ia setiai sepanjang masa mudanya yang murni.

Sepanjang sejarahnya Gereja dapat membanggakan banyak anggota lain seperti mereka yang mencerminkan kemurnian dan kesempurnaan mutlak dari Kepala dan Pendiri ilahinya. Hendaknya kita mempunyai keinginan untuk memiliki kepolosan ini, sehingga kita dapat menjadi murni dan suci di hadapan Tuhan dan dapat selalu dekat dengan-Nya. Dosa itu jelek. Hal ini menjauhkan kita dari Tuhan, satu-satunya kebaikan sejati kita, dan membuat kita tidak bahagia, karena orang berdosa tidak akan pernah bisa merasa damai. Hal ini membuat kita gelisah dan menyesal selama hidup, dan ketika kita mati, kecuali belas kasihan Tuhan turun tangan, hal ini menyebabkan kita putus asa akan keselamatan. Marilah kita dengan penuh semangat menjaga kemurnian kita, menjaganya tetap utuh melalui doa dan meditasi yang sungguh-sungguh.

Jika kita cukup malang hingga kehilangan kesucian baptisan kita karena jatuh ke dalam dosa, kita tidak boleh berkecil hati. Kemurahan Tuhan membuka jalan lain bagi kita, jalan pertobatan. “Aku datang,” Yesus memberitahu kita, “untuk memanggil orang-orang berdosa, bukan orang-orang benar.” (Mat. 9:13)

Penebus ilahi kita telah meramalkan di Taman Getsemani segala dosa dan tindakan tidak berterima kasih kita. Meskipun demikian, Dia mempersembahkan diri-Nya sebagai korban penebusan demi kita, dan mencurahkan Darah-Nya yang Berharga di Kayu Salib demi penebusan kita. Bagaimana mungkin Dia menolak mengampuni kita? Bagaimana mungkin Dia tidak ingin menyelamatkan kita meskipun kita berdosa? Mari kita mengingat kembali perumpamaan yang menghibur tentang anak yang hilang dan domba yang hilang. Jika kita merasa termasuk dalam kategori anak yang hilang atau domba yang hilang, maka marilah kita berpaling kepada Yesus untuk meminta pengampunan.

Namun jalan kedua menuju Surga ini menuntut pengorbanan dari pihak kita. Pertobatan kita harus bersifat praktis dan supranatural. Hal ini seharusnya menuntun kita untuk mengakui dosa-dosa kita dalam Sakramen Tobat dan mendapatkan kembali persahabatan dengan Allah dalam Komuni Kudus. Setelah itu, jalan kita harus berupa penyiksaan diri: “Jika kamu tidak bertobat,” Yesus memperingatkan kita, “kamu semua akan binasa.” (Lukas 13:5)

Pertobatan pertama yang harus kita lakukan adalah mempersembahkan kepada Tuhan semua penderitaan fisik dan moral yang menanti kita selama hidup dan pada saat kematian. Kemudian kita harus menambahkan tindakan penyangkalan diri kita sendiri secara sukarela. Kemurahan hati para Orang Kudus dalam hal ini dihargai dengan persahabatan abadi dengan Tuhan. Sedangkan bagi diri kita sendiri, kita harus ingat bahwa Yesus sendiri telah memperingatkan kita bahwa kita akan tersesat jika kita lalai melakukan pertobatan. (Ibid.)— 


 Antonio Bacci  (4 September 1885 – 20 Januari 1971) adalah seorang kardinal Gereja Katolik Roma asal Italia. Ia diangkat menjadi kardinal oleh Paus Yohanes XXIII.

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy