| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Meditasi Antonio Kardinal Bacci: Sakramen Pengurapan Terakhir


 
 
 Sakramen Pengurapan Terakhir adalah mata rantai terakhir dalam rantai nikmat yang mengikat hidup kita. Ia menyembuhkan luka-luka yang ditinggalkan dosa dalam diri kita, menganugerahkan rahmat pada jiwa, dan bahkan dapat memulihkan kesehatan tubuh jika hal ini sejalan dengan kesejahteraan rohani kita. “Kalau ada seorang di antara kamu yang sakit” tanya St. Yakobus. “Baiklah ia memanggil para penatua jemaat, supaya mereka mendoakan dia serta mengolesnya dengan minyak dalam nama Tuhan. Dan doa yang lahir dari iman akan menyelamatkan orang sakit itu dan Tuhan akan membangunkan dia; dan jika ia telah berbuat dosa, maka dosanya itu akan diampuni.” (Yakobus 5:14-15)

Pengurapan Terakhir adalah Sakramen kehidupan dan oleh karena itu harus diterima dalam keadaan rahmat. Akan tetapi, jika karena alasan yang berat, orang yang sakit itu tidak mungkin melakukan Pengakuan Dosa, sedapat mungkin ia dapat melakukan penyesalan sempurna dan menerima Sakramen ini. Dalam hal ini Pengurapan Ekstrim dapat mengampuni bahkan dosa berat yang tidak dapat diakuinya. Namun Sakramen ini sendiri meningkatkan rahmat penyucian dalam jiwa, mengampuni dosa-dosa ringan, mengampuni hukuman sementara akibat dosa-dosa yang telah diampuni, dan melenyapkan kecenderungan-kecenderungan jahat dan lemahnya kemauan yang diakibatkan oleh dosa. Terlebih lagi, hal ini memampukan jiwa untuk menanggung penderitaan dan godaan serta menunggu kematian dengan tenang dan pasrah. Kita hendaknya sangat bersyukur kepada Tuhan karena berkenan menghibur dan membantu kita dalam pencobaan terakhir kita.

Kita tidak perlu takut terhadap Sakramen Pengurapan Terakhir, karena menganggapnya sebagai pertanda kematian. Faktanya, ini adalah pertanda kehidupan. Hal ini memberi kita kehidupan supernatural yang penuh anugerah, dan jika Tuhan dalam kebaikan-Nya menilai hal ini bermanfaat bagi kesejahteraan rohani kita, maka hal ini juga memulihkan kehidupan jasmani kita. Ketika kita sakit parah, kita hendaknya berkeinginan dan menuntut untuk menerima Sakramen ini daripada menunggu sampai terlambat. Ini bukanlah racun yang mematikan, melainkan anugerah Tuhan yang sangat berharga.

Selama kita masih hidup, kita harus berdoa kepada Tuhan agar tidak merampas karunia terakhir belas kasihan-Nya yang tak terbatas ini. Merupakan pemikiran yang menghibur bahwa ketika semua orang meninggalkan kita, Tuhan kita akan datang untuk meringankan penderitaan kita dan membantu kita dengan rahmat-Nya dalam perjalanan besar kita menuju kekekalan.

Kita hendaknya ingat bahwa Sakramen ini membebankan kepada kita suatu kewajiban yang sangat berat. Di zaman modern, banyak orang yang lalai menasihati kerabat dan teman-temannya untuk menerima Sakramen Pengurapan Terakhir ketika mereka melihat bahwa mereka sedang sakit parah. Motif mereka adalah rasa kasihan yang palsu, karena mereka takut menakut-nakuti orang yang mereka cintai. Mereka menunda pemberian Sakramen Terakhir sampai pasien tidak sadarkan diri dan tidak dapat lagi menerimanya dengan disposisi yang tepat.

Adalah bijaksana untuk mengingat bahwa mereka yang bertanggung jawab atas kerabat mereka yang tidak menerima Sakramen Terakhir pada waktu yang tepat, bersalah atas dosa besar. Merupakan tanggung jawab yang sangat berat untuk dipikul di hadapan Allah dan di hadapan jiwa orang-orang terkasih yang dapat dikutuk selamanya karena kelalaian mereka.— 


 Antonio Bacci  (4 September 1885 – 20 Januari 1971) adalah seorang kardinal Gereja Katolik Roma asal Italia. Ia diangkat menjadi kardinal oleh Paus Yohanes XXIII.

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy