| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Orang Kudus hari ini: 25 Agustus 2023 St. Louis Ludovikus dan St. Yosef Calasanz

St. Louis Ludovikus (Public Domain)

 
 
 Hari ini, Gereja memperingati St. Louis Ludovikus dari Perancis, juga lebih dikenal sebagai Raja Louis IX dari Perancis, seorang Raja Perancis yang agung dan terkenal serta hamba Tuhan yang suci. Sedangkan yang lainnya adalah St. Yosef Calasanz, seorang pastor Katolik Spanyol ternama yang dikenang karena dedikasinya kepada masyarakat kurang mampu, terutama mereka yang tidak memiliki akses terhadap pendidikan dan pendidikan yang layak dalam hidup, dengan mendirikan sekolah dan lembaga untuk membantu mereka. Keduanya dikenang karena komitmen dan pengabdian mereka yang besar kepada Tuhan, kesalehan dan kasih mereka kepada Tuhan dan sesama saudara dan saudari mereka, dan atas segala upaya yang telah mereka lakukan demi kemuliaan Tuhan yang lebih besar dan demi kebaikan umat manusia.

St Louis, sebagai Raja Perancis, Louis IX, adalah seorang raja besar yang dikenang karena banyak upayanya untuk meningkatkan penghidupan rakyatnya, bekerja keras untuk menjamin kesejahteraan dan kemakmuran rakyat dan kerajaannya, dalam upayanya untuk menyebarkan Kabar Baik dan karya-karya Gereja melalui dukungannya terhadap berbagai lembaga dan upaya Gereja. Ia juga terkenal karena upayanya dalam memberantas ajaran sesat dan ajaran palsu seperti yang merajalela pada saat itu dengan ajaran sesat Albigensian, yang mengarah pada upaya yang dikenal sebagai Perang Salib Albigensian, di mana banyak imam dan misionaris lainnya pergi untuk mengubah orang-orang kembali ke agamanya. kebenaran Tuhan, telah ditipu dan disesatkan oleh kepalsuan kaum Cathar yang mengarah pada ajaran sesat Albigensian. St Louis mengabdikan dirinya untuk kemuliaan Tuhan yang lebih besar, dan melakukan segala yang dia bisa untuk kemuliaan Tuhan, dan telah melakukan begitu banyak demi kemakmuran dan masa depan mereka yang dipercayakan di bawah asuhannya.

St Yosef Calasanz dilahirkan dalam keluarga bangsawan kecil Spanyol, dan dia dibesarkan dengan pendidikan dan didikan yang baik yang kemungkinan besar memberikan kesan yang baik padanya tentang pentingnya pendidikan bagi remaja dan anak-anak. Hal ini juga memunculkan dalam dirinya keinginan untuk menjadi seorang imam, dalam melayani Tuhan dengan cara yang lebih besar. Hal ini awalnya ditentang oleh orang tuanya, namun setelah sakit parah yang hampir membawanya ke kematian, akhirnya ayahnya mengalah dan mengizinkan St. Yoseph Calasanz menjadi imam. Sebagai seorang imam, beliau mengabdikan dirinya pada banyak karya dan misi besar, dan memberikan fokus khusus kepada kaum muda dan anak-anak yang belum mampu mengakses pendidikan. Dia membantu mendirikan dan membuka sekolah negeri gratis pertama di seluruh Eropa, dan mendirikan lebih banyak lagi sekolah dan lembaga negeri yang dimaksudkan untuk membantu dan membantu banyak orang yang kurang beruntung. Dia terus berkomitmen pada misi ini dan mendorong lebih banyak upaya untuk dilakukan bagi mereka yang sakit, yang kurang beruntung dan tidak berpendidikan, hingga akhir hayatnya.

Saudara-saudari dalam Kristus, seperti yang telah kita dengar dari kisah hidup dan karya St. Louis dan St. Yosef Calasanz, masing-masing dari kita hendaknya melakukan bagian kita, sebagai anggota Gereja dan sebagai umat yang dikasihi Allah, untuk melaksanakan kehendak-Nya dan melakukan apa pun yang kita bisa sehingga kita dapat mewartakan Dia dan Kabar Baik-Nya melalui kehidupan kita yang patut diteladani. Kita harus melakukan apa yang kita bisa agar semakin banyak orang terinspirasi untuk mengikuti Tuhan melalui teladan kita, sama seperti kita telah terinspirasi oleh hamba-hamba-Nya yang kudus, orang-orang kudus dan para martir. Semoga Dia terus membimbing dan menguatkan kita semua dalam iman kita. Amin.
St. Yosef Calasanz (Public Domain)

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy