| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Meditasi Antonio Kardinal Bacci: Mengasihi Dia dan menyesuaikan diri sepenuhnya dengan rancangan-Nya bagi kita

Credit: valokuvaus/istock.com
 
 
 Kehidupan manusia ada tiga. Pertama, kehidupan jasmani, yaitu kehidupan tubuh yang digerakkan oleh jiwa. Lalu ada kehidupan intelektual, yang melaluinya jiwa mencari kebenaran dan mengendalikan kekuatan tubuh. Terakhir, kehidupan supernatural yang menuntun kita menuju kesempurnaan Kristiani dan mempersatukan kita dengan Tuhan, sumber kebaikan dan kebahagiaan.

Ketiga tingkatan kehidupan ini semuanya baik, namun membentuk sebuah hierarki yang keutamaannya dipegang oleh kehidupan spiritual. Kehidupan jasmani adalah anugerah Tuhan, namun harus tetap tunduk pada kehidupan rohani. Jika hal ini lebih diutamakan daripada akal budi dan di atas hukum alam dan hukum ilahi, skala nilai-nilai kita yang sebenarnya akan terganggu dan kita akan menjadi mangsa sejumlah kecenderungan yang berdosa. Hal yang sama berlaku untuk kehidupan intelektual. Tuhan mengaruniai kita dengan kecerdasan yang memungkinkan kita mengetahui kebenaran, menyelidiki rahasia alam semesta, dan menggunakannya untuk kesejahteraan kita sendiri. Jika akal budi gagal untuk mencapai pengetahuan tentang Tuhan dari pengetahuannya tentang objek-objek duniawi dan tidak lagi terinspirasi oleh penghargaan yang tinggi terhadap kebajikan, pencapaiannya pada akhirnya dapat membawa pada kematian dan kehancuran.

Kehidupan adikodrati, yang dipupuk oleh rahmat ilahi, menyempurnakan manusia. Semua kekuatan fisik dan kemampuan rohani kita harus didominasi oleh kehidupan ini, yang dibawa oleh Yesus Kristus ke dunia untuk dibawa kepada kita. Kehidupan ini dapat kita peroleh jika kita menaati perintah-Nya, mengendalikan hawa nafsu, berdoa dengan sungguh-sungguh, pasrah pada kehendak-Nya, dan melakukan segala tindakan kita karena cinta kepada-Nya.

Perjuangan sehari-hari untuk bertahan hidup perlahan-lahan melemahkan kehidupan fisik dan intelektual. Hal yang sama dapat terjadi pada kehidupan supranatural. Proses panjang penyangkalan diri, penerimaan salib, dan upaya mencapai kesempurnaan, bisa jadi sangat sulit dan melelahkan. Seringkali kita merasa lelah dan putus asa, namun pada kesempatan ini kita harus mengingat perkataan Yesus. “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup.” (Yohanes 14:6) “Marilah kepadaku, kamu semua yang letih lesu dan berbeban berat, dan Aku akan memberi kelegaan kepadamu.” (Mat. 11:28)

Marilah kita datang kepada Yesus ketika kita lelah karena konflik dan tidak mempunyai kekuatan lagi. Marilah kita datang kepada-Nya ketika kita merasa bahwa kita tidak dapat berjalan lebih jauh lagi di jalan berbatu menuju kesempurnaan. Dia akan membantu kita dan memulihkan keberanian kita; Dia akan memberi kita peningkatan rahmat, yang merupakan sumber kehidupan spiritual.

Namun, penting bagi kita untuk memiliki semangat mengingat. Jika kita dihamburkan, kita tidak akan mampu mendengar suara Tuhan. Kita harus berbicara dengan Tuhan dan membuka hati kita kepada-Nya; kita harus mengatakan kepada-Nya bahwa kita mengasihi Dia dan ingin belajar untuk lebih mengasihi Dia dan menyesuaikan diri sepenuhnya dengan rancangan-Nya bagi kita. Kemudian kita akan menemukan kedamaian dan kepuasan dalam kehidupan batin yang tidak dapat diketahui atau dikomunikasikan oleh dunia.— 


 Antonio Bacci  (4 September 1885 – 20 Januari 1971) adalah seorang kardinal Gereja Katolik Roma asal Italia. Ia diangkat menjadi kardinal oleh Paus Yohanes XXIII.

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy